Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Resep : Cara Membuat Cheese Muffin Cake Yang Meleleh Di Mulut

Resep : Cara Membuat Cheese Muffin Cake Yang Meleleh Di Mulut

Jakarta – Kue muffin atau muffin cake merupakan kue yang rasanya enak, empuk dan lembut berasal dari Inggirs yang terbuat dari bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapat. Tampilannya yang cantik dan mirip sekali dengan cup cake dengan tesktur yang empuk dan lembut memang membuat kue satu ini banyak menjadi pilihan keluarga di Indonesia.

Resep : Cara Membuat Cheese Muffin Cake Yang Meleleh Di Mulut

Kalau melihat dari tampilannya luar, sekilas kue satu ini memang mirip sekali dengan bolu kukus. Bentuknya hampir sama dan bahan yang digunakannya pun mirip sekali komposisinya. Tetapi kalau dilihat secara detail, tetap saja ada banyak perbedaannya. Terutama dengan resep muffin keju lembut yang akan kita buat ini. Memang dengan menggunakan resep dasar muffin yang kita berikan dibawah bisa juga dibuat kue muffin keju panggang.

Bahan-bahan

  1. Seperti resep muffin coklat sebelumnya, bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung terigu yang mempunyai kandungan protein sedang kurang lebih sebanmyak 260 gram saja. Bisa juga menggunakan tepung serba guna.
  2. Baking powder double acting kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil saja.
  3. Susu cair kurang lebih sebanyak 1/4 liter saja.
  4. Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 butir saja. Kocok telur lepas di tempat lain ya.
  5. Gula pasir kurang lebih sebanyak 100 gram saja.
  6. Vanila essense atau juga bisa menggunakan vanila bubuk kurang lebih sebanyak 0.25 sendok kecil saja.
  7. Susu bubuk kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  8. Keju yang sudah diparut secukupnya atau kurang lebih sebanyak 120 gram saja. 100 gram untuk campuran adonan resep muffin kejunya dan 20 gram untuk bahan taburan di atasnya.
  9. Minyak sayur kurang lebih sebanyak 50 ml saja.
  10. Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
  11. Margarin / mentega / butter kurang lebih sebanyak 50 gram saja. Panaskan sampai mencair ya sebelum dicampur dengan bahan lainnya.

Cara Membuat

  1. Langkah pertama supaya tidak terlalu lama menunggu nantinya, kita siapkan loyang cetakan muffin nya. Olesi dengan margarin secukupnya seluruh permukaan loyang dan diatasnya ditaburi tepung. Ingat tepung tipis saja ya kemudian miringkan ke kanan dan kekiri supaya rata. Kalau kebanyakkan, loyang bisa dibalik sambil sedikit diketuk supaya tepungnya berguguran kemudian sisihkan. Kalau menggunakan kertas cupcake tidal perlu diberi margarin dan tepung ya.
  2. Langkah kedua kita siapkan ovennya. Setting oven dengan penunjuk suhu 170 derajat celcius dan letakkan loyang nanti di bagian tengah supaya rata panasnya.
  3. Ambil satu wadah ukuran sedang besar kemudian tuang tepung terigu, garam dapur beryodium, susu bubuk, baking powder double action dan gula pasirnya. Aduk semua bahan tadi sampai rata menggunakan spatula atau alat lainnya kemudian sisihkan.
  4. Ambil satu wadah lagi dan tuang vanila bubuknya bersama dengan minyak sayur, telur yang sudah dikocok lepas, mentega cair, vanila dan susu cairnya. Aduk rata semua bahan sampai tercampur rata.
  5. Tuang sedikit demi sedikit adonan basah yang berisi susu diatas ke dalam wadah tempat adonan keringnya sambil diaduk perlahan.
  6. Aduk semua bahan sampai tercampur rata, jangan terlalu cepat ya. Secukupnya saja sampai rata dan ingat jangan over mixing.
  7. Masukkan 100 gram keju parutnya kedalam wadah adonan diatas dan aduk-aduk secukupnya sampai keju larut dan adonan muffin nya kelihatan mengental.
  8. Tuang adonan yang sudah tercampur rata diatas kedalam cetakan muffin nya. Tuang sampai agak penuh supaya nanti kelihatan gendut dan bagus dibagian atasnya.
  9. Ambil sisa keju parutnya kemudian taburkan diatas cetakan kuenya sampai rata.
  10. Masukkan cetakan kue muffinya kedalam oven. Ingat letakkan di bagian tengah ya supaya nanti dapat panasnya merata.
  11. Panggang sampai matang dan mengembang atau kurang lebih selama 20 menit sampai 25 menit (tergantung ovennya). Unuk mengeceknya bagian dalamnya sudah matang atau belum bisa menggunakan lidi yang ditusukkan ke dalam muffinnya.
  12. Setelah matang keluakan dari oven dan biarkan sebentar sampai tidak terlalu panas (kurang lebih selama 5 menit saja).
  13. Kalau menggunakan cetakan cup cake bisa langsung disajikan atau keluarkan dahulu dari cetakannya.

(bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

Camilan Ekado yang Renyah, Cocok untuk Lauk

Jakarta – Ingin camilan yang bisa sekaligus dijadikan lauk? Mungkin ekkado bisa jadi satu menu ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis