Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Tomat Ampuh Turunkan Risiko Kerusakan Paru-Paru Akibat Merokok

Tomat Ampuh Turunkan Risiko Kerusakan Paru-Paru Akibat Merokok

Jakarta – Buah tomat sudah lama dikenal memiliki segudang manfaat sehat bagi tubuh. Namun satu manfaat penting dari tomat kembali terungkap dalam sebuah penelitian. Perokok yang rutin mengonsumsi jus tomat ternyata bisa menekan risiko kerusakan paru-paru.

Tomat Ampuh Turunkan Risiko Kerusakan Paru-Paru Akibat Merokok

Tomat

Sebagai informasi, tomat dikenal kaya antioksidan alami yakni likopen. Studi sebelumnya mengungkap konsumsi tomat bisa mengurangi risiko terkena kanker prostat.

Sementara, sel paru-paru orang para perokok akan rusak akibat terpapar asap rokok yang mengandung radikal bebas. Kehadiran antioksidan likopen dari tomat ini mampu menekan kerusakan pada jantung itu terjadi, seperti dilansir dari Daily Mail, Senin (16/1/2017).

Fakta tersebut diketahui setelah peneliti Juntendo University School of Medicine melakukan studi terhadap tikus. Pada minuman tikus dicampur jus tomat. Hasilnya, bisa mencegah penyakit emfisema akibat asap rokok.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Buah Hati

Emfisema merupakan jenis penyakit progresif jangka panjang pada paru-paru. Umumnya kondisi ini membuat napas jadi pendek dan timbul mengi ketika saat menarik napas. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sedang Diet ? Hindari Minuman Ini

Sedang Diet ? Hindari Minuman Ini

Jakarta – Kopi dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh. Sayangnya, ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis