Home > Ragam Berita > Nasional > Jazuli Juwaini Imbau Penegak Hukum Tidak Ikut Campur dengan Konflik Internal Ormas

Jazuli Juwaini Imbau Penegak Hukum Tidak Ikut Campur dengan Konflik Internal Ormas

Jakarta – Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini berharap kepada para penegak hukum agar tidak terlibat dalam konflik internal ormas.

Jazuli Juwaini Imbau Penegak Hukum Tidak Ikut Campur dengan Konflik Internal Ormas

Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini

“Kami berharap aparat penegakan hukum tidak terlibat dalam konflik internal ormas. Karena itu akan mengganggu penyelesaian konflik sehingga mengganggu stabilitas keamanan NKRI. Pemerintah dan aparat harus berada di tengah dan menjadi wasit di tengah konflik,” ujar Jazuli Juwaini di Senayan pada Kamis (2/2/2017).

Menurut Doktor Bidang Manajemen itu, dalam realita, ormas memiliki peran vital untuk memberikan evaluasi untuk perbaikan kinerja pemerintah, dibandingkan oleh parlemen dan partai politik.

“Karena realitasnya tidak mungkin parlemen dan partai politik mengambil peran-peran sepenuhnya untuk evaluasi pemerintah, maka ormas juga punya peran atas hal tersebut. Kami ingin dan berharap terus ormas memiliki peran besar dalam membangun bangsa, dalam mengeksistensikan peran negara, dan mengokohkan NKRI, ” jelas Jazuli.

Baca juga: Kerap Tumpang Tindih, Pemerintah Mencoba Sederhanakan Peraturan

Jazuli menambahkan, peran evaluasi tersebut dilakukan dalam rangka membantu kinerja pemerintah. Meskipun demikian, pemerintah juga memiliki kewenangan pembinaan terhadap ormas-ormas yang dinilai tidak sesuai dengan arah kebijakan negara.

“Pemerintah punya peran pembinaan, jika ada ormas yang tidak sesuai dengan arah kebijakan negara. Ormas hadir sejatinya juga untuk membantu pemerintah. Tapi,kita juga tidak ingin jika ada ormas yang mengkritik, dianggap menyerang pemerintah. Demokrasi harus tetap kita tegakkan, tapi juga perlu ada pembinaan,” tegas Anggota Komisi I DPR RI ini. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Penayangan Rapat Pemprov DKI Ternyata Telah Diatur Oleh Pergub Yang Dibuat Ahok

Penayangan Rapat Pemprov DKI Ternyata Telah Diatur Oleh Pergub Yang Dibuat Ahok

Jakarta – Di jaman Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), rapat Pemprov DKI Jakarta direkam dan ditayangkan ...