Home > Gaya Hidup > Tips > Bersyukurlah Jika Masih Bisa Tidur Nyenyak, Ini Manfaatnya

Bersyukurlah Jika Masih Bisa Tidur Nyenyak, Ini Manfaatnya

Jakarta – Mendapatkan tidur yang berkualitas alias nyenyak ternyata memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh anda. Bahkan, peneliti dari University of Warwick di Inggris menyebutkan bahwa keuntungan karena tidur nyenyak setara dengan memenangkan lotre.

Bersyukurlah Jika Masih Bisa Tidur Nyenyak, Ini Manfaatnya

Para peneliti mengamati tidur dari 30.500 warga Inggris dalam kurun waktu empat tahun. Hasilnya, pola tidur yang sehat dan berkualitas termasuk penurunan konsumsi terhadap obat tidur, menjadikan responden memiliki kesejahteraan mental dan fisik layaknya memenangkan lotre sebesar Rp3,3 miliar.

Menurut Nicole Tang, penulis utama studi dan profesor di Warwick’s Department of Psychology, kebiasaan tidur yang sehat secara langsung terhubung ke peningkatan kesehatan dan kebahagiaan. Namun, kebahagiaan optimal sangat dipengaruhi oleh kualitas tidur ketimbang dari jumlah jam tidur yang didapatkan.

Sebaliknya, jika kesehatan tidur dan kebiasaan tidur buruk yakni waktu tidur terlambat dan penggunaan alat bantu tidur maka akan menyebabkan keadaan emosional dan mental memburuk. Maka dari itu, Tang sangat menyarankan untuk menghindari obat tidur.

Tang menganjurkan untuk menghindari obat tidur sama sekali, dan tentu saja melatih kebiasaan tidur yang baik setiap malam, untuk mendapatkan tidur malam yang sehat.

Dilansir dari National Sleep Foundation, yang disebut dengan kebiasaan tidur yang sehat yakni mendapatkan waktu tidur yang teratur, termasuk jadwal bangun yang teratur, berlatih ritual tidur yang santai mencakup meredupkan lampu terang dan apa pun yang menyebabkan kecemasan.

Baca juga: Jangan Mengkonsumsi Lima Makanan Ini Sebelum Tidur, Bisa Mimpi Buruk

Beberapa tips juga yang dapat dilakukan agar mendapatkan tidur berkualitas yakni menghindari tidur siang, tidur di kamar dan kasur yang nyaman, serta menurunkan suhu di kamar tidur Anda antara 24-25 derajat celcius ketika malam hari. (Rere – harianindo.com)

x

Check Also

Hati-Hati, Kerap Mengunyah Permen Karet Timbulkan Dampak Negatif

Hati-Hati, Kerap Mengunyah Permen Karet Timbulkan Dampak Negatif

Jakarta – Sejumlah orang sangat menggilai aktivitas mengunyah permen karet. Hal tersebut memang bisa menimbulkan ...