Home > Ragam Berita > Nasional > Djarot Resmi Gantikan Ahok sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta

Djarot Resmi Gantikan Ahok sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok telah dijatuhi hukuman dua tahun penjara. Untuk menjalankan tugas sebagai pemimpin Jakarta hingga akhir jabatan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat pun dipilih sebagai pelaksana tugas (Plt).

Inilah Komentar Anies Terkait Pengangkatan Djarot sebagai Plt Gubernur DKI

Pengangkatan Djarot sebagai Plt Gubernur ini dilakukan setelah Ahok divonis 2 tahun penjara oleh majelis hakim karena dianggap terbukti melakukan penodaan agama.

Serah terima jabatan dilakukan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Balai Kota, Jakarta Pusat pukul 16.30 WIB. Tjahjo menyampaikan, pengangkatan Djarot sebagai Plt Gubernur dilakukan agar tidak ada kekosongan dalam pemerintahan di Pemprov DKI.

“Penyerahan tugas Plt Gubernur DKI kepada Pak Djarot semata-mata untuk tidak ada kekosongan pemerintahan dalam pengambilan keputusan di DKI. Karena tidak ada surat keputusan wakil gubernur, yang ada surat keputusan gubernur,” ujar Tjahjo saat pelantikan, Selasa (9/5/2017).

Baca juga: Inilah Komentar Anies Terkait Pengangkatan Djarot sebagai Plt Gubernur DKI

Adapun langkah pemerintah tersebut berdasarkan Pasal 65 ayat 3 Undang-Undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Dalam undang-undang itu diatur bahwa kepala daerah yang sedang menjalani masa tahanan dilarang melaksanan tugas dan kewenangan sebagiamana Ayat 1 dan 2.

Adapun Ahok divonis bersalah oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara karena dianggap terbukti melakukan penodaan agama dalam pidatonya yang menyinggung surat Al-Maidah ayat 51 di Kepulauan Seribu pada September lalu. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Dhani Buktikan Pribumi Itu Ada Lewat Kamus Bahasa Indonesia

Dhani Buktikan Pribumi Itu Ada Lewat Kamus Bahasa Indonesia

Bogor – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dilaporkan oleh Jack Boyd dari Gerakan Pancasila dengan ...