Home > Unik > Mahasiswa IPB Ciptakan Tas Ramah Lingkungan Pengganti Plastik

Mahasiswa IPB Ciptakan Tas Ramah Lingkungan Pengganti Plastik

BOGOR – Plastik dianggap sebagai limbah dan tidak berguna lagi bagi sebagian besar masyarakat. Namun hal itu berbeda dengan lima orang mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), mereka justru memanfaatkan limbah plastik untuk dijadikan tas ramah lingkungan atau ecobag.

Mahasiswa IPB Ciptakan Tas Ramah Lingkungan Pengganti Plastik

Kelima mahasiswa tersebut ialah Desta Elpina, Alfia Suryani, Miftah Rizky Islamoriza, Rinto Hoiruddin, dan Arief Wardana Herlambang.

Mereka berasal dari Departemen Agribisnis tersebut membuat produk yang mereka namakan Si Gelis atau Ecobag Batik Stylish.

Menurut Desta, tujuan utama dari pembuatan ecobag Si Gelis adalah agar minat masyarakat dalam penggunaan ecobag semakin meningkat.

Desta mengaku, mereka mengangkat konsep go green dan ikut mendukung kebijakan pemerintah dalam mengurangi penggunaan kantong plastik.

Selain itu, tambahnya, dalam ecobag in kami membuat inovasi dengan desain secara bolak-balik sehingga kedua sisinya dapat digunakan dalam kondisi yang berbeda karena motif yang digunakan sengaja didesain berbeda.

Si Gelis alias nama produk tersebut berasal dari bahasa sunda yang berarti cantik. Dengan demikian mereka berharap nantinya produk Si Gelis terus digemari masyarakat karena desainnya yang unik dan cantik.

Tak hanya ramah untuk lingkungan, ternyata tas ini pun sangat ramah terhadap kantong. Cukup dengan Rp 50 ribu saja sudah dapat memiliki satu buah ecobag Si Gelis itu.

Baca juga: Siswi SMAN 1 Bogor Manfaatkan Plastik Untuk Bercocok Tanam

Tak tanggung-tanggung, kini penjualan Ecobag Si Gelis sudah mencakup berbagai daerah di Indonesia seperti daerah Belitung, Lampung, Jakarta, Depok serta daerah di Pulau Jawa lainnya. (Rere – harianindo.com)

x

Check Also

Jangan Buang, Botol Plastik Bekas Bisa Jadi Kreasi Unik Ini

Jangan Buang, Botol Plastik Bekas Bisa Jadi Kreasi Unik Ini

Jakarta – Sering kali setelah menghabiskan air minum dari botol plastik kita lansung membuangnya. Hal ...