Home > Gaya Hidup > Tips > Tips Mengusir Rasa Cemas

Tips Mengusir Rasa Cemas

Jakarta – Kecemasan yang berlebihan atas sesuatu yang belum atau bahkan tak mungkin terjadi dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Ini merupakan hal yang umum dirasakan hampir semua orang, namun akan menjadi masalah apabila Anda tidak mampu mengendalikan pikiran buruk tersebut.

Tips Mengusir Rasa Cemas

Cemas Berlebihan

Rasa cemas yang Anda rasakan merupakan hal wajar dimana ketika menerima informasi, akan muncul asumsi buruk terkait apa yang akan terjadi selanjutnya dimana sebenarnya kecil kemungkinan menjadi nyata.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda tanamkan dalam hati ketika mengkhawatirkan hal yang kemungkinan besar tidak akan terjadi:

1. Khawatir adalah normal, kecuali membuat Anda terus terjaga
Kebanyakan orang menyiksa diri sendir dengan pikiran dan skenario yang tak berhubungan dengan kenyataan. Misalnya, Anda berpikir tentang bagaimana Anda melakukan berbagai kebodohan di hari pertama bekerja. Padahal, ketika Anda memang berada pada situasi tersebut, semua baik-baik saja.

Pepatah “persiapkan hal terburuk, berharap pada hal terbaik’ adalah salah satu cara menghilangkan kekhawatiran. Tetaplah berpikiran terbuka dan jangan mencemaskan hal yang belum terjadi.

2. Berhenti sabotasi diri sendiri dengan kahwatir berlebih
Jika Anda terus membiarkan ketakutan menguasai Anda, maka Anda akan melewatkan banyak kesempatana bertingkah tak rasional karena apa yang akan terjadi, atau Anda memiliki ide yang salah. Dengan kata lain, Anda menggagalkan diri sendiri.

Contohnya, Anda sedang menjalani sebuah hubungan namun merasa paranoid karena langsung berpikiran negatif ketika pasangan tak memberi kabar dalam waktu satu jam.

3. Orang lebih khawatir akan bencana karena lupa akan adanya kemungkinan
Berikut adalah beberapa hal yang kemungkinan tak akan terjadi namun sering terpikirkan dan membuat cemas:

4. Kecelakaan kendaraan, terutama pesawat
Pesawat kini menjadi transportasi yang cukup sering digunakan. Slah satu kecemasan orang tersayang pada penumpang pesawat adalah kecelakaan. Namun, dari sekian banyak kasus kecelakaan, kemungkinan untuk terjadi kecelakaan pesawat tak sebanyak kecelakaan mobil. Oleh karena itu, pemikiran buruk terkait kecelakaan pesawat sebaiknya dihilangkan agar tak membuat cemas berlebih.

5. Merasa dihakimi di kala tak ada yang peduli
Ini adalah salah satu penyebab cemas berlebih yang umum. Anda berpikir orang-orang memerhatikan apa yang Anda lakukan, padahal sebenarnya tidak. Apa yang Anda katakan beberapa minggu yang lalu tak akan diingat oleh orang lain, setidaknya secara mendetail.

6. Menghindari pengabaian membuat orang semakin menjauh dari Anda
Secara umum, ketika Anda diabaikan atau dibuat kecewa oleh orang lain yang Anda hormati, maka Anda akan memiliki pikiran yang buruk pda mereka. Padahal, terkdang tujuan orang tersebut bukanlah untuk menyakiti Anda. Oleh karena itu, ambillah sikap: beri orang lain kesempatan untuk menunjukkan bahwa mereka ingin berada dalam hidup Anda atau relakan jika mereka ingin sebaliknya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jangan Larang Anak Gunakan Tangan Kirinya Secara Aktif

Jangan Larang Anak Gunakan Tangan Kirinya Secara Aktif

Jakarta – Memiliki seorang anak kidal bukanlah menjadi sesuau yang perlu dikhawatirkan. Peran orang tua ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135