Home > Gaya Hidup > Tips > Anak Sulit Makan Sayur ? Lakukan Beberapa Langkah Ini

Anak Sulit Makan Sayur ? Lakukan Beberapa Langkah Ini

Jakarta – Bagi anak-anak, makan sayur seakan menjadi momok tersendiri. Rasa dari sayuran yang biasanya hambar bahkan sedikit pahit menjadikan bahan makanan yang bergizi tinggi ini tak disukai oleh anak-anak.

Anak Sulit Makan Sayur ? Lakukan Beberapa Langkah Ini

Menghadapi keadaan seperti ini bunda tak perlu bingung karena ada beberapa trik ampuh yang bisa menjadi siasat saat menghadapi anak yang enggan makan sayur. Sebagaimana diberitakan TheAsianParent pada Jumat (18/8/2017), berikut beberapa trik yang bisa dijadikan acuan.

Sajikan makanan favorit anak
Seorang ibu pasti tahu makanan kesukaan anaknya. Jika sudah tahu maka cobalah untuk mengganti beberapa bahan dengan sayuran saat mengolah makanan favorit si kecil. Beberapa makanan masih memungkinkan untuk diselipkan sayuran, misalnya saja smoothie, kue, pizza, spaghetti ataupun es krim. dengan begitu asupan sayuran tetap masuk ke dalam tubuhnya dengan tanpa ia harus makan sayuran utuh.

Ajak anak menyiapkan makanan
Ketika berbelanja ke pasar atau supermarket, biarkan anak memilih sendiri sayuran segar yang ia mau. Ketika tiba di rumah, ajaklah anak untuk membantu mengolah masakan, misalnya dengan mencuci sayuran yang dibeli. Dengan cara ini, anak Anda akan lebih tertarik pada sayuran yang telah mereka siapkan sebelumnya.

Buat waktu makan jadi menyenangkan
Hindari membuat waktu makan seolah menajdi momok menakutkan buat anak. Jangan pernah memaksa anak ketika menyuapkan makanan, apalagi makanan tersebut adalah yang ia tidak suka. Jika terus memaksa maka bisa jadi anak Anda merasa bad mood ketika datang waktu makan. Buatkan kegiatan makan menjadi menyenangkan agar anak juga bersemangat saat waktu makan tiba.

Buat olahan makanan yang kreatif
Kreatif saat menyuguhkan makanan berbahan sayuran bisa menajdi daya tarik sendiri untuk si kecil. Sayuran yang disajikan dengan berbagai paduan warna atau bermacam bentuk potongan bisa menimbulkan rasa penasarannya. Tambahan wortel bentuk huruf pada sajian mi bisa menjadi hal yang unik untuk mereka. Atau bisa juga membuat kreasi sajian bento yang menunjukkan wajah gembira pada makanan.
(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Hati-Hati, Pecahkan Jerawat di Area Ini Dapat Berdampak Besar

Hati-Hati, Pecahkan Jerawat di Area Ini Dapat Berdampak Besar

Jakarta – Pada dasarnya, Anda tidak anjurkan untuk memecahkan jerawat di wajah Anda, apalagi jerawat ...