Home > Teknologi > Tokoh Agama Bakal Dilibatkan Untuk Perangi Hoax di Sosmed

Tokoh Agama Bakal Dilibatkan Untuk Perangi Hoax di Sosmed

Bandung – Sebuah forum Dialog dan Literasi Media yang berjudul “Jaga Jagat Maya, Rukun di Media Sosial” digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika di Bandung dengan menggandeng sejumlah toko agama di Indonesia.

Tokoh Agama Bakal Dilibatkan Untuk Perangi Hoax di Sosmed

Tokoh Agama Bakal Dilibatkan Untuk Perangi Hoax di Sosmed

Pasalnya Kemenkominfo saat ini sudah mencatat jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai sebesar 63 juta orang. Bahkan sebanyak 95% dari jumlah tersebut merupakan pengguna aktif sosial media.

Menkominfo memprediksi bahwa nantinya angka tersebut akan terus meningkat secara signifikan. Saat ini pun sudah mulai terlihat bahwa sosial media berpotensi untuk menimbulkan permasalahan tersendiri jika tidak dikelola dengan baik.

Misalnya saja sering terlihat adanya percakapan terkait sebuah isu yang bukannya digunakan pada tataran diskusi yang sehat dan membangun, justru malah menjadi sebuah ajang untuk mencaci, memaki bahkan menghina antara kelompok satu dan yang lainnya di media sosial.

Baca juga : Tim Cyber Takkan Segan Menindak Pengguna Medsos Yang Berlaku Buruk

Oleh karena itu, Menkominfo Rudiantara menilai perlunya membangun pemahaman dari hulu ke hilir. Tujuannya adalah agar dapat mengatasi konflik horizontal yang mungkin ditimbulkan oleh maraknya ujaran kebencian tersebut.

“Konten negatif tidak bisa hanya melalui pemblokiran, di hilir itu seperti menyembuhkan orang sakit disuntuk dkasih obat dan sebagainya,” kata Rudiantara, Kamis (07/10/2017).

“Kita harus ke hulu bagaimana membuat orang sehat, nah ini salah satu upayanya adalah melalui pendekatan tokoh-tokoh agama,” sambungnya.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Netizen Diminta Aktif Laporkan Akun Sosmed Penebar Kebencian

Netizen Diminta Aktif Laporkan Akun Sosmed Penebar Kebencian

Jakarta – Beberapa waktu belakangan ini akun-akun penyebar kebencian (hate-speech) di media sosial semakin banyak. ...