Home > Ragam Berita > Nasional > Menjadi Tahanan Rumah, Keluarga Baasyir Berikan Jaminan Ini

Menjadi Tahanan Rumah, Keluarga Baasyir Berikan Jaminan Ini

Jakarta – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu telah melapor kepada Presiden Joko Widodo bahwa dirinya telah bersilaturahim dengan putra Abu Bakar Ba’asyir, Abdul Rochim Ba’asyir, Selasa (27/02/2018) kemarin.

Menjadi Tahanan Rumah, Keluarga Baasyir Berikan Jaminan Ini

Menjadi Tahanan Rumah, Keluarga Baasyir Berikan Jaminan Ini

Ryamizard menyampaikan kepada Presiden bahwa keluarga menginginkan agar Ba’asyir dipindahkan dari Lapas Gunung Sindur ke rumahnya dan diubah statusnya menjadi tahanan rumah. Alasannya, kesehatan Ba’asyir semakin menurun dan dengan status tahanan rumah, pihak keluarga bisa merawatnya secara langsung.

Selain itu, pihak keluarga sudah berjanji dan berkomitmen kepada pemerintah untuk tidak lagi terlibat dalam jaringan serta seluruh kegiatan terorisme. Komitmen itu sejalan dengan keputusan Presiden Joko Widodo memindahkan Ba’asyir dari Lapas Gunung Sindur ke rumahnya di Sukoharjo, Jawa Tengah, sekaligus mengubah statusnya menjadi tahanan rumah atas alasan kesehatan.

Baca juga : Ketua MUI Imbau Jokowi Berikan Pengampunan kepada Abu Bakar Ba’asyir

“Ia (keluarga) sudah janji. Baiat-baiat, itu enggak ada lagilah. Apalagi, menjurus untuk mengajak orang untuk (melakukan teror), enggaklah. Itu janji. Saya rasa itu bagus,” ujar Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Kamis (01/03/2018) sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Oleh karena itu Presiden langsung menyetujui keinginan keluarga Ba’asyir. Bahkan Presiden Jokowi juga sudah memiliki rencana yang sama sejak mendapat informasi tersebut.

Meski demikian, Ryamizard memastikan, Ba’asyir tetap dalam pantauan kepolisian. Tak hanya untuk memastikan ia memenuhi janjinya tidak terlibat lagi dalam kelompok terorisme, tetapi juga memberikan jaminan keamanan bagi Ba’asyir sendiri.

“Kami akan jaga dia. Jangan sampai (ada orang yang) mengatakan, ‘Loh kok dulu kita puja-puja, sekarang berubah? Nah makanya kami akan jaga dia. Zaman sekarang apa sih yang enggak bisa dilakukan,” jelasnya.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Video, Inilah Momen Saat Direktur IMF Mendapat Sorakan Karena Berpose 2 Jari

Video, Inilah Momen Saat Direktur IMF Mendapat Sorakan Karena Berpose 2 Jari

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani terlihat bersama Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim, Direktur ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135