Home > Teknologi > Keluarga Ba’asyir Tidak Setuju dengan Rencana Pemindahan Antar Lapas

Keluarga Ba’asyir Tidak Setuju dengan Rencana Pemindahan Antar Lapas

Jakarta – Keluarga Abu Bakar Ba’asyir menolak rencana pemindahan narapidana terorisme itu dari Lapas Gunung Sindur Bogor ke lapas terdekat rumahnya. Sebab sejak awal, keluarga meminta pemindahan tahanan Ba’asyir menjadi tahanan rumah bukan tahanan lapas.

Keluarga Ba'asyir Tidak Setuju dengan Rencana Pemindahan Antar Lapas

“Kami keluarga menolak kalau pemindahan itu ke lapas lagi. Kami minta sejak awal pemindahan tahanan rumah karena yang kami minta itu murni agar bisa merawat beliau,” ujar putra Abu Bakar Ba’asyir, Abdul Rochim Ba’asyir, Selasa (6/3/2018).

Menurutnya, keluarga sudah mempersiapkan ruangan atau kamar khusus setelah mendapatkan informasi presiden menyetujui pemindahan Abu Bakar Baasyir menjadi tahanan rumah. Pasalnya, saat Menhan Ryamizard Ryacudu datang ke rumah, keluarga meminta agar Ba’asyir dijadikan tahanan rumah.

“Usulan yang kami sampaikan ke Menhan saat kesini adalah tahanan rumah. Menhan menyampaikan ke presiden juga tahanan rumah. Lah kok tiba-tiba hari ini setelah ada tekanan Australia dan sabagainya kok menjadi tahanan lapas. Ini ada apa lagi,” jelas Rochim.

Ia mengaku heran dengan adanya intervensi asing terkait pemindahan tahanan Abu Bakar Ba’asyir. Bagi keluarga, sudah cukup pihak asing mengintervensi saat Ba’asyir masih disidang di pengadilan.

“Ini kan urusan kemanusiaan. Kok masih ada intervensi asing juga,” ungkap Rochim.
Rochim menuturkan, lebih baik Ba’asyir tetap berada di Lapas Gunung Sindur daripada dipindahkan ke lapas lainnya. Bila dipindah dari Lapas Gunung Sindur ke lapas baru maka ayah kandungnya itu akan membutuhkan penyesuaian lagi.

Baca juga: Pemprov DKI Segera Bongkar Blok G Tanah Abang

“Tahu sendiri orangtua itu tidak gampang untuk penyesuaian. Belum tentu sesuai juga dengan kondisi. Kalau mau pindah ke LP biar saja di situ. Biar di Sindur. Berarti pemerintah menolak permintaan kami. Jangan diputer kesana-kemari,” jelas Rochim. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Polda Metro Tindak Lanjuti Laporan Fahri Hamzah Terhadap Sohibul Iman

Polda Metro Tindak Lanjuti Laporan Fahri Hamzah Terhadap Sohibul Iman

Jakarta – Penyidik Polda Metro Jaya mengagendakan pemeriksaan sejumlah saksi untuk menindaklanjuti laporan Wakil Ketua ...