Home > Ragam Berita > Nasional > Ini Klarifikasi Ustad Abdul Somad Terkait Video Ceramahnya Soal Bom Bunuh Diri

Ini Klarifikasi Ustad Abdul Somad Terkait Video Ceramahnya Soal Bom Bunuh Diri

Jakarta – Ustad Abdul Somad memberikan klarifikasinya terkait potongan video ceramahnya soal bom bunuh diri yang kemudian menjadi viral usai terjadi peristiwa aksi bom bunuh di tiga gereja di Surabaya, pada Minggu (13/5/2018).

Ini Klarifikasi Ustad Abdul Somad Terkait Video Ceramahnya Soal Bom Bunuh Diri

Pada video berdurasi dua menit yang viral tersebut Abdul Somad menjelaskan soal bom bunuh diri yang dilakukan oleh warga Palestina yang disebutnya sebagai mati syahid.

Terkait potongan video tersebut, Ustad Somad kemudian memberikan klarifikasi yang diunggah oleh akun FSRMM TV pada 14 Mei 2018.

“Dua hari ini video mengenai saya menjawab pertanyaan di Annur lebih-kurang dua-tiga tahun yang lalu, diviralkan lagi. Tapi video itu dipotong. Saya masih ingat, lokasi kajian subuh itu ada di Annur kajian subuh Sabtu. Waktu itu ada pertanyaan, ‘apa pendapat ustad tentang bom bunuh diri di Palestina’,” ujar kata Abdul Somad dalam video klarifikasinya itu.

Abdul Somad menjelaskan, apa yang terjadi di Palestina tersebut bukanlah aksi bom bunuh diri, namun mati syahid.

“Karena saudara kita di Palestina itu bukan bunuh diri, tapi mati syahid. Lalu video itu dipotong dan beberapa saat yang lalu, saat ada bom di Kampung Melayu, video itu viral lagi. Saat ada bom di Surabaya, viral lagi. Lalu ada nanti kompor orang meletup, nanti viral lagi,” tutur Abdul Somad.

Menurut Abdul Somad, situasi di Palestina yang sedang perang tidak bisa disamakan dengan wilayah lain di luar Palestina.

“Perlu diluruskan beda dengan Palestina dengan luar Palestina. Karena Nabi membedakan antara nonmuslim yang di Mekah dengan yang di Madinah. Di Madinah, Nabi hidup bersama. Apa bedanya? Yang di Madinah ini damai. Di Mekah ini perang. Kapan menjadi damai dan menjadi perang, itu tak bisa dipukul rata,” tutur Abdul Somad.

Abdul Somad kemudian menggambarkan, apa yang terjadi di Palestina sekarang ini seperti yang terjadi di Mekah pada jaman dulu.

“Buka Surat Al-Mumtahanah ayat 8. Kalau mereka yang nonmuslim itu tidak mengusir kamu dari kampung halaman kamu, tidak memerangi kamu, maka berbuat baiklah kepada mereka. Bersikap adil. Coba lihat indahnya bahasa Alquran,” tutur Abdul Somad.

“Kenapa ini tidak berlaku di Palestina? Karena orang Israel melanggar dua itu, orang Israel memerangi dan mengusir bangsa Palestina. Jadi jangan digeneralisir. Jangan dipotong. Malam ini kita klarifikasi,” sambungnya.

Berikut video klarifikasi Ustad Abdul Somad :


(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Wow! Belasan Perawat di UGD Rumah Sakit Ini Hamil Dalam Waktu Bersamaan

Wow! Belasan Perawat UGD di Rumah Sakit Ini Hamil Dalam Waktu Bersamaan

Arizona – Sebuah rumah sakit di Mesa, Arizona, Amerika Serikat, menjadi bahan perbincangan di media ...