Home > Gaya Hidup > Tips > Ingin THR Tidak Cepat Habis ? Ikuti Tip Berikut Ini

Ingin THR Tidak Cepat Habis ? Ikuti Tip Berikut Ini

Jakarta – Menjelang Lebaran, ada satu yang ditunggu-tunggu di samping gaji bulanan yaitu Tunjangan Hari Raya (THR). Anda tentu tidak mau kan, THR yang baru saja sampai kantong Anda lantas lenyap seketika?

Ingin THR Tidak Cepat Habis ? Ikuti Tip Berikut Ini

Padahal kebutuhan keluarga masih berderet untuk dipenuhi. Karena itu, Anda perlu bijak mengelola THR, Moms. Tapi, bagaimana caranya? Simak tips berikut ini.

Anggarkan untuk zakat, infak dan sedekah
Utamakan kewajiban Anda sebagai umat Islam untuk membayar zakat. Anggarkan secara khusus dana yang Anda butuhkan. Di samping itu, Anda juga bisa menyisihkan untuk memperbanyak peluang amal dengan infak dan sedekah.

Bayar tagihan dan hutang
Jangan lupa, alokasikan pula THR Anda untuk segera menutup atau mencicil tagihan dan hutang. Selain mengurangi beban tanggung jawab finansial, bukankah Anda juga merasa lebih tenang ketika bebas hutang?

Alokasikan tabungan dan investasi
Setidaknya alokasikan minimal 10-20 persen dari THR Anda untuk kebutuhan menabung dan berinvestasi Moms. Lebih baik lagi, jika Anda bisa mencadangkan dana juga untuk kebutuhan darurat atau tak terduga yang mungkin terjadi.

Hindari kartu kredit
Meski terlihat menguntungkan karena banyak diskon dan aneka tawaran kemudahan, kartu kredit bisa jadi bumerang. Salah-salah, bukannya hemat Anda malah bisa kalap belanja atau terbebani bunga tagihan. Maka dari itu, jika memang kurang mendesak hindari sebisa mungkin untuk penggunaan kartu kredit.

Bijak berburu promo lebaran
Momen Ramadhan hingga Lebaran, seolah sedang ‘hujan’ promo di mana-mana. Lumayan sih, untuk membantu mengurangi pengeluaran Anda. Namun ingat, tetap fokus kepada kebutuhan yang penting dan mendesak. Sementara keinginan dan ‘lapar mata’ perlu Anda tahan.

Liburan Keluarga
Tak ada salahnya Anda mengapresiasi kerja keras Anda dengan merencanakan liburan bersama keluarga. Sisa THR yang telah Anda bagi sedemikian rupa, bisa Anda keluarkan untuk berlibur dan family time. Tentukan destinasi wisata yang ramah bagi anggota keluarga, apalagi jika ada si kecil yang harus Anda bawa.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ingin Tampil Seksi dengan Busana Tertutup? Inilah Beberapa Tipsnya

Ingin Tampil Seksi dengan Busana Tertutup? Inilah Beberapa Tipsnya

Jakarta – Sejumlah wanita ingin terlihat seksi dalam memakai busana. Agar terlihat seksi Anda tidak ...