Home > Gaya Hidup > Tips > Hati-Hati, Terlalu Sering Memuji Anak Bisa Berdampak Buruk

Hati-Hati, Terlalu Sering Memuji Anak Bisa Berdampak Buruk

Jakarta – Sejak pertama kali anak mengucapkan kata pertamanya, Anda akan memberikan pujian tentang kepintarannya. Begitu juga saat dia belajar menghitung sampai 10 atau menuliskan namanya.

Hati-Hati, Terlalu Sering Memuji Anak Bisa Berdampak Buruk

Tapi, memuji anak dengan mengatakan “kamu pintar sekali,” terlalu sering dapat berdampak buruk. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Psychological Science, anak-anak cenderung berbuat curang jika Anda mengatakan bahwa mereka cerdas.

Sebagaimana diberitakan Todays Parent pada Selasa (6/6/2018), para peneliti termasuk Kang Lee dari Dr. Eric Jackman Institute of Child Study di University of Toronto, Kanada melakukan riset terhadap 300 anak berusia antara tiga sampai lima tahun. Anak-anak kemudian diberi tahu untuk menebak apakah kartu itu memiliki angka lebih tinggi atau lebih rendah dari enam.

Pada tahap awal, beberapa anak diberi tahu bahwa mereka “sangat cerdas” saat mendapat jawaban dengan benar, sementara yang lain diberitahu bahwa mereka “melakukannya dengan baik saat ini” atau sama sekali tidak dipuji. Di tahap berikutnya, para penguji tersebut meninggalkan ruangan dan menyuruh setiap anak untuk tidak melihat kartu itu. Anak-anak yang diberi tahu bahwa mereka pintar lebih cenderung mengintip saat mereka mengira tidak ada yang melihat.

Peneliti menyimpulkan bahwa anak-anak mengetahui perbedaan antara menjadi pintar dan melakukan sesuatu yang cerdas. Ketika orang dewasa memuji kemampuan bawaan anak-anak mereka daripada penampilan tunggal mereka, itu membuat mereka cenderung ingin menjunjung tinggi persepsi positif tentang kecerdasan mereka dan bersedia menipu untuk melakukannya.

Ini bukan pertama kalinya para peneliti menemukan dampak negatif yang terkait dengan memuji kepintaran anak-anak. Sebuah studi sebelumnya menemukan bahwa memberi tahu anak-anak bahwa mereka cerdas telah meruntuhkan motivasi mereka untuk mencapainya di masa depan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Tip Tampil Menarik dengan Paduan Rok Mini dan Sepatu Trendi

Inilah Tip Tampil Menarik dengan Paduan Rok Mini dan Sepatu Trendi

Jakarta – Apakah Anda penggemar rokmini? Jika iya, maka pembahasan berikut ini wajib untuk Anda ...