Home > Ragam Berita > Nasional > Dosen ITB Kritik Anies Terkait Penggunaan Waring di Kali Item

Dosen ITB Kritik Anies Terkait Penggunaan Waring di Kali Item

Jakarta – Untuk menanggulangi Kali Item yang terkenal dengan baunya yang menyengat, kali ini Anies Baswedan menggunakan waring (jaring) yang dipasang di atas Kali Item. Ternyata cara ini dinilai kurang efektif oleh beberapa pihak.

Dosen ITB Kritik Anies Terkait Penggunaan Waring di Kali Item

Salah satu yang mempermasalahkan ialah Agus Jatnika selaku Dosen teknik lingkungan ITB yang mana dirinya menjelaskan bahwa bau yang muncul di kali adalah akibat proses anaerob, sehingga terbentuk gas yang tidak masuk kategori organik. Gas itu masih bisa lolos meski dihalangi membran semipermeabel.

Saat dihubungi kemarin, dirinya berkata bahwa “Menurut saya, gas-gas itu bahkan dengan membran semipermeabel, gas masih bisa lolos. Dari segi itu, (waring) kurang efektif,”

Waring di atas Kali Item itu rencananya akan diberi tanaman. Menurut Agus, hal itu juga tidak berdampak untuk menghilangkan bau.

Agus menyarankan penggunaan absorben untuk mengurangi bau. Absorben itu kemudian diletakkan di dalam kali.

“Misalnya karbon aktif dibungkus kain, ditanam di dalam air. Itu akan sangat membantu,” kata pemilik gelar doktoral dari University of Wales ini.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Mengintip Kelanjutan Kasus Hoaks Ratna Sarumpaet

Mengintip Kelanjutan Kasus Hoaks Ratna Sarumpaet

Jakarta – Kombes Pol Argo Yuwono selaku Kabid Humas Polda Metro Jaya kali ini menyatakan ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135