Home > Ragam Berita > Nasional > Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf di Bawah 50 Persen, BPN : Potensial Dikalahkan

Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf di Bawah 50 Persen, BPN : Potensial Dikalahkan

Jakarta – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menilai hasil survei dari Litbang Kompas mengungkapkan bahwa pasangan Jokowi-Ma’ruf belum aman dan bisa dikalahkan.

Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf di Bawah 50 Persen, BPN : Potensial Dikalahkan

“Dengan berbagai catatan yang mengiringi, survei Kompas menjadi bukti bahwa Jokowi-Ma’ruf masih belum aman dan potensial untuk dikalahkan. Hal ini juga kelihatannya dirasakan dan diketahui oleh Jokowi,” kata juru debat BPN Saleh Daulay kepada wartawan, Rabu (20/3/2019).

Saleh juga berpendapat, suara dari undecided voters kini banyak yang memilih Prabowo-Sandi.

“Kalau dibuat perbandingan dengan survei kompas di bulan Oktober, kelihatan bahwa Jokowi-Ma’ruf turun dan Prabowo-Sandi hasilnya naik. Sementara yang merahasiakan pilihannya makin sedikit. Itu artinya, mereka yang merahasiakan pilihan cenderung akan menjatuhkan pilihan pada Prabowo-Sandi,” ujar Saleh.

“Kalau itu yang terjadi, tentu petahana sangat tidak aman. Sebab, incumbent bila mau aman, minimal harus di atas 60 persen. Faktanya sekarang sudah di bawah 50 persen,” tambahnya.

Menurut Saleh, hasil survei dari Litbang Kompas ini juga tidak terlalu mengejutkan karena bersadarkan survei internal BPN, pasangan Prabowo-Sandi sudah mengungguli Jokowi-Ma’ruf.

“Kalau di internal, hasil survei Kompas ini tidak mengejutkan. Sebab, hasil survei internal kami menunjukkan bahwa Prabowo-Sandi sudah menang. Dan itu akan terus dinaikkan hari pencoblosan. Masih cukup waktu untuk meyakinkan masyarakat,” ucap Saleh.

Sebelumnya, Litbang Kompas merilis hasil survei elektabilitas pasangan capres-cawapres terbaru yang dilakukan pada periode 22 Februari-5 Maret 2019.

Dari hasil survei yang melibatkan 2.000 responden ini, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf sebesar 49,2 persen, sedangkan Prabowo-Sandiaga 37,4 persen.
(samsularifin – harianindo.com)

x

Check Also

Soal Jabatan Sandiaga, Fadli Zon : "Dia Wakil Presiden, Kok Jadi Wagub"

Soal Jabatan Sandiaga, Fadli Zon : “Dia Wakil Presiden, Kok Jadi Wagub”

Jakarta – Fadli Zon ikut komentari isu mengenai Sandiaga Uno yang akan kembali menjabat sebagai ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135