Hujan Meteor Akan Menghampiri Bumi

8/10/2013
(Ikuti Kami Di Twitter @harianindo)

Hujan Meteor Akan Menghampiri Bumi

Ilustrasi

California – Fenomena alam seperti hujan meteor bisa saja terjadi setiap tahun. Pada tahun ini, Amerika Serikat akan mengalami hujan meteor pada 7 Oktober 2013. Seperti dilansir dari USA Today (Senin, 07/10/2013), apakah hujan meteor yang dinamakan hujan meteor Draconid ini berbahaya bagi manusia?.

Para Astronom berpendapat, hujan meteor Draconid akan jelas terlihat oleh mata telanjang pada tanggal 8 Oktober 2013. Tidak hanya di Amerika Serikat, para ahli mengatakan ada kemungkinan Draconid akan terlihat di langit Kanada, sebagai Eropa, dan Asia Utara. Beberapa orang mungkin akan bergidik ngeri mendengar kabar ini. Masih segar dalam ingatan saat sebuah meteor meuncur di Rusia dan melukai ribuan penduduknya. Peristiwa ini terjadi 15 Februari 2013 silam. Ledakan dan gelombang kejut dari meteor tersebut lah yang menyebabkan pecahnya kaca-kaca bangunan dan melukai orang-orang disekitarnya. Namun para ahli menjelaskan bahwa hujan meteor kali ini berbeda dengan jatuhnya meteor di Rusia. Sejauh ini belum ada berita yang menyebutkan bahwa hujan meteor bisa mengancam nyawa.

Nama hujan meteor Draconid sendiri diambil dari nama konstelasi bintang The Dragon. Bila dibandingkan dengan fenomena hujan meteor lain, Draconid dianggap bukan hujan meteor yang istimewa. Hal ini disebabkan karena setiap tahunnya Draconid bisa dilihat setiap 7 Oktober dan keesokan harinya penampakannnya perlahan mulai menghilang. (Choirul Anam – www.HarianIndo.Com)

advertisement

Comments are closed

advertisement

Photo Gallery

Tweet
Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better
Follow Me