Material Berlian Ditemukan di Planet Jupiter dan Saturnus

10/10/2013
(Ikuti Kami Di Twitter @harianindo)

Material Berlian Ditemukan di Planet Jupiter dan SaturnusCalifornia – Laporan terbaru menyebutkan telah ditemukannya kandungan berlian di Jupiter dan Saturnus. Seperti dilansir dari Universe Today (Kamis, 10/10/2013), Ilmuwan bernama Mona L. Delitsky lah yang pertama kali mengungkapkan hal ini. Ilmuwan asal California Specialty Engineering Amerika Serikat ini dibantu oleh Kevin H. Baines dari University of Wisconsin – Madison.

Delitsky dan Baines melakukan kombinasi data dengan diagram tekanan suhu milik Jupiter dan Saturnus yang dikenal dengan nama diagram “Adiabats”. Diagram ini memungkinkan ilmuwan untuk menguraikan tingkatan interior, dimana berlian ternyata dapat terbentuk di dua planet tersebut. Keduanya juga mengungkapkan berlian yang terdapat di Saturnus dan Jupiter ini bisa menjadi cairan karena terkonsentrasi pada suhu dan tekanan. Berian ini bisa dihasilkan akbat badai listrik besar yang sering terjadi di Saturnus. Sambaran petir dan berpadu dengan grafit mengakibatkan unsur karbon turun ke tingkat yang lebih rendah serta menghasilkan berlian dalam bentuk solid atau padatan.

Jupiter merupakan planet kelima dari matahari yang memiliki jarak rata-rata 778,3 juta kilometer. Apabila benar adanya di planet tersebut ditemukan berlian, bukan hal mustahil nantinya umat manusia akan berbondong-bondong datang ke planet itu untuk menambangnya. Teknologi akan memungkinkan hal tersebut dalam beberapa tahun kedepan. (Choirul Anam – www.HarianIndo.Com)

advertisement

Leave a Reply

CAPTCHA Image
Refresh Image
*
advertisement

Photo Gallery

Tweet
Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better
Follow Me