Rekaman Kokpit Terakhir Pesawat MH370 Diucapkan oleh Sang Pilot, Bukan Ko-pilotPerth – Kabar terbaru yang beredar terkait pesawat MH370 mengatakan bahwa rekaman percakapan kokpit terakhir yang terjadi antara pesawat naas tersebut dengan menara pengawas bandara diucapkan oleh sang pilot, Zaharie Ahmad Shah. Seperti dilansir dari CNN (Kamis, 10/4/2014), seorang responden mereka, Nic Robertson, mengatakan bahwa dirinya memperoleh informasi tersebut dari sumber yang dekat dengan Zaharie.

Kabar terbaru ini juga mengklarifikasi pemberitaan sebelumnya yang dipublikasikan oleh Pemerintah Malaysia. Pemberitaan terdahulu itu mengatakan bahwa pesan terakhir yang sempat terekam dari pesawat milik maskapai Malaysia Airlines tersebut adalah berisi ucapan “selamat malam” oleh sang ko-pilot, Fariq Abdul Hamid. Namun penyelidikan lebih lanjut menghasilkan fakta yang berbeda.

Nic Robertson mengatakan bahwa dua orang pilot yang dekat dengan kapten MH370, yang juga sempat dilibatkan dalam proses penyelidikan, dengan ikut mendengarkan suara rekaman antara pesawat dan menara bandara tersebut, mengatakan bahwa pesan tersebut diucapkan oleh sang pilot, Zaharie, dan bukan ko-pilot Fariq. Lebih lanjut, kedua pilot tersebut mengatakan bahwa tidak terdengar adanya kehadiran orang ketiga di dalam kokpit. Selain itu, tidak terdengar adanya nada kecemasan atau kepanikan dari suara di dalam kokpit.

Sampai saat ini, pihak Malaysia masih melakukan penyelidikan mendetail tentang keseluruhan rekaman pembicaraan kokpit tersebut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)