LG G3 Versi Snapdragon 805 SoC Kemungkinan sedang DikembangkanSeoul – Meski smartphone keluaran terbaru dari pabrikan Korea Selatan LG, yaitu G3, belum muncul di pasaran di luar Korsel, rumor mengenai versi G3 yang dilengkapi dengan prosesor yang lebih kuat, yaitu Snapdragon 805, telah mengudara. Seperti dilansir dari GSM Arena (Jumat, 13/6/2014), yang lebih menarik lagi, G3 versi Snapdragon 805 tersebut diisukan akan muncul Juli mendatang, bulan yang yang sama seperti jadwal rilis LG G3 di pasaran internasional.

Chipset Snapdragon 805 ini mungkin memang merupakan tambahan tenaga yang diperlukan untuk G3. Hal tersebut disebabkan karena resolusi yang lebih tinggi membuat Snapdragon 801 SoC, yang saat ini terpasang di G3 umumnya (di pasar Korsel tadi), bekerja dibawah smartphone-smartphone merk lain yang sama-sama berresolusi 108p.

Layar QHD membutuhkan kerja ekstra pada prosesor. Dengan mengaplikasikan Snapdragon 805, kebutuhan kerja lebih tersebut seharusnya akan terpenuhi. Selain itu, secara teoritis, Snapdragon 805 juga mampu meningkatkan kecepatan downlaod hingga 225Mbps, berkat dukungan modem Qualcomm MDM9635 yang telah terintegrasi di dalamnya.

Perusahaan rival senegara LG, Samsung, juga dirumorkan tengah mengembangkan varian ber-Snapdragon 805 dari smartphone andalan mereka, Galaxy S5. Produk tersebut disebutkan akan dinamai dengan Galaxy S5 Prime, atau Galaxy F.

Embel-embel “Prime” ini tampaknya juga akan digunakan LG untuk menamai satu varian G3-nya, yakni G Prime. Pihak LG b bahkan telah mendaftarkan nama produk tersebut ke lembaga hak cipta setempat.

Belum ada kepastian dari rumor-rumor ini. Namun tentu “perang Snapdragon 805” di antara pabrikan Korsel tersebut patut dipantau perkembangannya. (Rani Soraya – www.harianindo.com)