Jakarta – Salah satu badan survei, Charta Politika baru-baru ini telah merilis hasil survei mereka terkait dengan elektabilitas dari calon wakil presiden dalam Pilpres 2019 mendatang. Berdasar hasil survei tersebut, nama Gatot Nurmantyo dan Agus Harimurti Yudhoyono bersaing cukup sengit.

Charta Politika : AHY dan Gatot Paling Banyak Didukung Sebagai Cawapres

Diketahui, survei tersebut dilakukan pada 23-29 Mei 2018 di 4 wilayah, yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Empat wilayah tersebut dipilih lantaran wilayah Jawa adalah kunci terkait perolehan suara. Survei tersebut dilakukan kepada 1.200 responden untuk wilayah Jabar, Jateng, dan Jatim.

Sedangkan, survei yang ada di Banten dilakukan kepada 800 responden. Survei tersebut menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error survei +- 2,83%, dengan tingkat kepercayaan 95%. Simulasi dilakukan dengan pertanyaan terbuka. Pertanyaan yang diajukan adalah ‘jika pemilu presiden dilakukan hari ini, siapa yang akan Bapak/Ibu pilih sebagai wakil presiden?’.

Dari hasil survei yang dilakukan di Banten, tokoh yang cocok untuk dipasangkan dengan Presiden Jokowi, nama Gatot unggul di posisi pertama. Kemudian, disusul oleh Anies dan AHY. Sedangkan, untuk dipasangkan dengan Prabowo, tiga nama tersebut masih tetap menempati posisi tiga teratas.

“Tiga nama ini memang agak linear. Di survei nasional yang kemarin kita rilis pun, tiga nama ini selalu teratas, baik sebagai cawapres Jokowi maupun Prabowo,” ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam paparannya di Hotel fX Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (6/6/2018).

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)