Jakarta – PDI Perjuangan meminta agar mobil Esemka tidak terus dijadikan kontroversi. Politikus PDIP, Eva Kusuma Sundari menyatakan bahwa mobil tersebut seharusnya mendapatkan dukungan dari masyarakat Indonesia.

“Yang paling penting, ayo didukung jangan dikecam melulu. Dulu dibilang hoax, sekarang ada masih salah juga,” kata Eva kepada wartawan, Sabtu (07/09/2019).

Sebelumnya, politikus Gerindra Andre Rosiade mengungkapkan bahwa mobil Esemka yang baru diluncurkan hampir serupa dengan mobil asal China. Eva menyatakan, seharusnya Gerindra memberikan dukungan terhadap Esemka agar dapat bersaing di industri otomoti dalam negeri.

“Ayo pikirkan bagaimana agar makin kuat, berlanjut, bisa ngembangin banyak model untuk pasar dalam negeri dan luar negeri. Gerindra kan pendukung berdikari termasuk otomotif juga dong,” ujarnya.

“Kita memulai transformasi dari bangsa pemakai menjadi pencipta, peniru itu langkah awal yang sah dan itu dilakukan China, Jepang dan Korea, Malaysia dll. Globalisasi ini membuat dunia membaur. Jadi wajar kalau idenya comot sana dan sini. Coba andre ke Myapidaw-Ibu Kota Myanmar, hotelnya adaptasi model Bali bahkan di China ada kampung yang dibangun seperti di Bali. Andre punya model model khas Indonesia, usulin aja,” tukasnya. (Hr-harianindo.com)