Berita ISI Terkini: Ambil Alih Bandara di Suriah

advertisement:


25/08/2014

Berita ISI Terkini: Ambil Alih Bandara di Suriah

Simpatisan ISIS merayakan jatuhnya bandara Tabqa.
(sumber foto: Reuters)

Baghdad – Kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), atau yang memiliki nama baru Islamic State (IS) saja, dikabarkan telah berhasil mengambil alih kendali atas sebuah bandara milik pemerintah di Suriah. Seperti dilansir dari BBC (Minggu, 24/8/2014), bandara tersebut merupakan pertahanan terakhir Pemerintahan Bashar al-Assad di Provinsi Raqqa, Suriah.

Stasiun TV setempat telah mengkonfirmasi bahwa pasukan Pemerintah Suriah telah mengevakuasi diri dari lapangan terbang bernama Tabqa tersebut. Keputusan untuk mundur ini diambil setelah pertempuran yang terjadi selama berhari-hari di sana, dengan ratusan korban telah jatuh di kedua belah pihak.

ISIS saat ini telah menguasai sejumlah wilayah di Suriah bagian timur, serta beberapa wilayahdi Irak bagian utara. Adapun militer Amerika Serikat telah membantu perlawanan terhadap ISIS dengan cara meluncurkan serangan udaranya di Irak. Namun demikian, AS tidak menyerang ISIS yang telah memasuki wilayah Suriah. Tanpa bantuan ini, sudah barang tentu pihak Pemerintah Suriah dibuat kewalahan oleh ISIS.

Baca juga
Berita Konflik Irak: Ledakan Bom Tewaskan 37 Orang, ISIS Pelakunya?
Berita ISIS Terkini: 700 Ribu Warga Yazidi Mengungsi ke Kurdistan

Laporan yang beredar saat ini mengatakan bahwa pertempuran di lapangan udara Tabqa masih berlanjut. Hanya saja, lapangan udara tersebut sudah diduduki oleh ISIS. Saat ini pasukan Pemerintah Suriah tengah melancarkan serangan udara setelah sebelumnya seluruh personil diperintahkan mengevakuasi bandara tersebut.

Adapun pihak ISIS diketahui tengah melakukan “perayaan” terhadap kemenangan yang mereka dapat di dua lokasi lainnya di Suriah. Mereka pun memamerkan sejumlah kepala dari tentara pemerintah yang mereka bunuh di tengah kota, menganggapnya sebagai semacam trofi. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery