Home > Teknologi > Angkatan Laut Amerika Serikat Bayar Ratusan Miliar Demi Windows XP

Angkatan Laut Amerika Serikat Bayar Ratusan Miliar Demi Windows XP

Angkatan Laut Amerika Serikat Bayar Ratusan Miliar Demi Windows XPWashington – Sistem Operasi Windows akan selalu berkembang dan diperbaharui dari waktu ke waktu. Windows XP yang dulunya booming, sejak April 2014 lalu tidak lagi didukung oleh Microsoft. Namun masih banyak perusahaan dan instansi yang masih memutuskan untuk tetap menggunakan Windows XP, US Navy salah satunya.

Menurut laporan IDG News, Selasa (30/6/2015), Angkatan Laut Amerika Serikat ini bahkan rela membayar USD 9,1 juta atau sekitar Rp 128 miliar agar Microsoft tetap mendukung operasi Windows XP yang masih mereka gunakan hingga saat ini. Angka ini bisa berkembang menjadi USD 30,8 juta bila kontrak dukungan diperpanjang hingga 2017.

“Angkatan Laut masih sangat bergantung pada sejumlah aplikasi dan program-program Windows XP. Sebelum aplikasi-aplikasi ini dimodernisasi, kontinuitas layanan dari Microsoft sangat diperlukan untuk menjaga keamanan dan efektivitas operasional,” demikian kata Steven Davis selaku juru bicara Space and Naval Warfare Systems Command (SPAWAR), seperti dikutip dari liputan6.com, Selasa (30/6/2015).

Operasi Windows XP memang sangat rentan sistem keamanannya bila tidak didukung update patch dari Microsoft. Karena itu, perusahaan atau instansi yang masih menggunakan Windows XP diharuskan membayar sejumlah biaya yang tidak sedikit kepada Microsoft agar tetap mendapatkan dukungan update. (Dwi Kristyowati – harianindo.com)

x

Check Also

Kapolri: Telegram Medsos Favorit Kelompok Teroris

Kapolri: Telegram Medsos Favorit Kelompok Teroris

Jakarta – Pemblokiran media sosial Telegram oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) jelas menuai pro ...