Home > Ragam Berita > Nasional > Freeport Akan PHK 3.000 Karyawannya, Menteri Jonan: Kalau Saya CEO Freeport, Saya Akan Bertindak Berbeda

Freeport Akan PHK 3.000 Karyawannya, Menteri Jonan: Kalau Saya CEO Freeport, Saya Akan Bertindak Berbeda

Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, menyindir keputusan CEO Freeport MacMoRan Inc, Richard C Adkerson, yang dikabarkan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 3.000 karyawannya yang sebagian besar adalah karyawan nasional.

Freeport Akan PHK 3.000 Karyawannya, Menteri Jonan: Kalau Saya CEO Freeport, Saya Akan Bertindak Berbeda

“Kalau saya CEO Freeport, saya akan bertindak berbeda,” tegas Jonan, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (20/2/2017).
Menurut Jonan, karyawan merupakan aset bagi perusahaan sebesar Freeport. Namun Jonan enggan menafsirkan keputusan Freeport sebagai tindakan yang semena-mena.

“Anda bisa terjemahkan itu sendiri,” kata Jonan.

Namun demikian, Jonan mengaku belum menerima informasi terkait rencana PHK yang akan dilakukan Freeport dalam minggu ini.

Seperti diketahui, perselisihan antara Freeport dengan pemerintah Indonesia terjadi berawal dari pemberlakuan PP No 1 tahun 2017 yang menawarkan kepada semua pemegang Kontrak Karya (KK) yang belum melakukan hilirisasi (membangun smelter) untuk mengubah KK menjadi IUPK agar dapat melakukan ekspor.

Pemerintah kemudian memberikan waktu selama enam bulan bagi Freeport sejak tanggal 17 Februari 2017, sambil menyesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang telah berlaku. Namun demikian, Freeport tetap bersikeras dalam Kontrak Kerja dan memberikan waktu 120 hari kepada pemerintah Indonesia untuk mempertimbangan keberatan Freeport sebelum mereka membawa masalah ini ke arbitrase internasional.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ahok Mengaku Antusias Menunggu Anies Menutup Alexis

Ahok Mengaku Antusias Menunggu Anies Menutup Alexis

Jakarta – Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) selaku Gubernur DKI Jakarta mengatakan akan menanti realisasi dari ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis