Home > Ragam Berita > Nasional > Habib Rizieq Disebut Lulus Cumlaude Saat Kuliah di Kampus Terkenal di Arab Saudi

Habib Rizieq Disebut Lulus Cumlaude Saat Kuliah di Kampus Terkenal di Arab Saudi

Jakarta – Petinggi Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq, ternyata merupakan sala satu lulusan terbaik dari King Saud University.

King Saud University merupakan kampus terkemuka di Arab Saudi yang terletak di Kota Riyadh. Beberapa tokoh dari keluarga kerajaan Arab Saudi juga merupakan lulusan universitas itu.

Rizieq sendiri pernah kuliah di sana pada program sarjana, yakni mengambil Jurusan Studi Agama Islam (Fikih dan Ushul).

Seperti dilansir dari berbagai sumber, Kamis (2/3/2017), pria yang memiliki nama lengkap Muhammad Rizieq Shihab tersebut awalnya kuliah di Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) pada 1983. Namun, baru setahun menempuh studi, Rizieq mendapat tawaran beasiswa dari Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk kuliah di Arab Saudi.

Kesempatan itu pun tidak dibuang sia-sia. Selama empat tahun, Ketua Front Pembela Islam (FPI) itu menempuh pendidikan di King Saud University. Pada 1990, Habib Rizieq dinyatakan lulus, lengkap dengan predikat cumlaude.

Secara keseluruhan, Habib Rizieq menghabiskan waktu di Arab Saudi selama tujuh sampai delapan tahun. Sebab, usai lulus dia tak langsung pulang ke Tanah Air, melainkan sempat mengajar dahulu di sebuah sekolah di Riyadh. Pria kelahiran 24 Agustus 1965 itu baru kembali ke Indonesia pada 1992. Diketahui, dia juga pernah kuliah untuk mengambil S-2 dan S-3 di Universitas Antar-Bangsa Malaysia.

Sedari kecil, Habib Rizieq sendiri sudah rajin belajar mengaji. Meski ditinggal sang ayah ketika usianya masih 11 bulan, ibunya yang berprofesi sebagai penjahit pakaian dan perias pengantin tetap memperhatikan pendidikannya. Selama menempuh studi, sosok ulama yang memiliki banyak pengikut ini tidak dididik di pesantren, dan menempuh pendidikan formal di sekolah.

Baca juga: Banyak Yang Memganggap Foto Ahok Salaman Dengan Raja Salman Adalah Editan

Berbekal ilmu yang dimilikinya, Habib Rizieq pernah menjadi kepala sekolah Madrasah Aliyah Jamiat Khair sampai 1996. Dia juga mulai mengabdi ke masyarakat dengan menjadi penceramah di berbagai majelis dan masjid. Hingga akhirnya alumnus King Saud University ini mendeklarasikan berdirinya FPI pada 17 Agustus 1998, dan menjadi salah satu tokoh Islam yang dikenal, termasuk berbagai kontroversi yang saat ini tengah dihadapinya. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sumarsono Dinilai Berpengalaman Dalam Menjalankan Tugas Plt

Sumarsono Dinilai Berpengalaman Dalam Menjalankan Tugas Plt

Jakarta – Sumarsono selaku direktur jenderal otonomi daerah (Dirjen Orda) Kementerian Dalam Negeri kembali didapuk ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis