Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Psikiater Minta Stop Sebar Foto Korban Bom Kampung Melayu

Psikiater Minta Stop Sebar Foto Korban Bom Kampung Melayu

Jakarta – Ledakan keras yang terjadi di Kampung Melayu menewaskan sedikitnya 5 orang dan puluhan lainnya mengalami luka. Di media sosial, beredar foto-foto potongan tubuh korban yang disebarkan secara sengaja.

Psikiater Minta Stop Sebar Foto Korban Bom Kampung Melayu

Psikiater dari Klinik Psikosomatik RS Omni Alam Sutera, dr Andri, SpKJ, FAPM, mengaku turut prihatin dan berdukacita terhadap para korban bom Kampung Melayu. Namun di sisi lain, ia menyesalkan adanya penyebaran foto-foto korban bom Kampung Melayu di media sosial.

“Adanya share di medsos ataupun whatsapp tentang gambar dan foto korban luka dan meninggal, apalagi tanpa sensor, ini sangat tidak baik dan merupakan tindakan yang tidak menghormati korban dan keluarga korban,” tutur dr Andri, Kamis (25/05/2017).

Disebut aksi penyebaran foto-foto korban bom Kampung Melayu diawali dengan dorongan ingin memberi tahu atau menyebarkan berita. Namun hasilnya bisa berbeda karena menyebarkan foto-foto tersebut justru menambah ketakutan dan kepanikan masyarakat.

Padahal kepanikan dan ketakutan di masyarakat itulah yang diharapkan oleh pelaku teror. Selain itu, psikologis keluarga korban yang melihat foto-foto tersebut di media sosial juga akan turut terganggu.

“Penyebaran foto-foto itu tidak hanya memengaruhi psikologis dan tidak menghormati keluarga korban, tapi juga menyebarkan rasa takut dan panik kepada orang lain. Justru inilah yang diharapkan pelaku teror agar masyarakat panik, takut dan bingung,” tandasnya lagi.

Karena itu, ia berharap masyarakat tidak ikut menyebarkan dan membagikan foto-foto korban bom Kampung Melayu, dan turut mendoakan korban. Serahkan penyelesaian kasus kepada pihak kepolisian dan tidak menuduh kelompok masyarakat lainnya sebagai pelaku atau dalang dari kejadian ini.

“Kita sebagai bangsa Indonesia bisa menghadapinya dengan tenang dan bersatu. Dan juga ini sudah mendekati bulan puasa. Semoga hati kita tetap tenang dan yang berpuasa semoga menjadi berkah buat kita semua,” tutupnya. (Edy – www.harianindo.com)

x

Check Also

Mengenali Gejala Alergi Pada Si Kecil

Mengenali Gejala Alergi Pada Si Kecil

Jakarta – World Allergy Organization menegaskan jika anak lebih berisiko mengalami alergi dibanding orang yang ...