Bogor – Satreskrim Polresta Bogor Kota menangkap pelaku penipuan dengan modus menempelkan stiker vallen center palsu mesin ATM berinisial BA (43) di Bogor Trade Mall (BTM), Kota Bogor, Jaww Barat.

Polisi Berhasil Ringkus Penipuan Call Center ATM di Bogor

ilustrasi

Kabidhumas Polda Jabar, Kombes Yusri Yunus mengatakan, penangkapan pelaku berawal dari adanya laporan masyarakat yang menjadi korban penipuan stiker vallen palsu mesin ATM pada Mei 2017.

“Berdasarkan laporan itu, Unit Intelkam melaksanakan penyelidikan kemudian memancing pelaku di mesin ATM BTM dan berhasil menangkap pelaku pagi tadi,” kata Yusri pada Minggu (11/6/2017).

Dari hasil pemeriksaan sementara, modus yang dilakukan pelaku yakni dengan cara menempelkan stiker vallen center palsu yang berisikan nomor pribadinya di salah satu mesin ATM.

Setelah itu, pelaku mengganjal lubang kartu ATM dengan pentul korek api yang bertujuan agar korbanya yang setelah melakukan transaksi tidak dapat menggambil kartunya kembali.

Baca juga: Polisi Masih Buru Tersangka Perampokan SPBU Daan Mogot

“Pelaku menghampiri dan menyarankan menelefon call centre di stiker palsu. Lalu diarahkan memberikan nomor pin dan saat korban pergi pelaku menguras ATM dengan tarik tunai atau belanja,” katanya.

Selain pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti berupa 1 buah dompet, 9 buah kartu ATM dari bebagai bank, 10 struk pembelian handphone, 1 stiker call center mandiri palsu dan satu unit mobil.

“Pelaku sudah diamankan di Mapolresta Bogor Kota untuk pemeriksaan lebih lanjut. Pelaku dapat dijerat dengan Pasal 378 dan 362 KUHP ancaman hukuman di atas lima tahun penjara,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)