Home > Gaya Hidup > Ini Manfaat Jambu Biji Bagi Daya Tahan Tubuh

Ini Manfaat Jambu Biji Bagi Daya Tahan Tubuh

Jakarta – Salah satu buah lokal Indonesia yang manfaatnya tidak kalah dengan buah impor adalah jambu biji.

Ini Manfaat Jambu Biji Bagi Daya Tahan Tubuh

Menurut pakar gizi dr Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, Sp.GK dari FKUI, jambu biji yang daging buahnya berwarna merah muda memiliki kandungan vitamin C tertinggi bila dibandingkan dengan dengan buah lainnya.

“Jambu biji kandungan vitamin C-nya bagus dibandingkan semua buah, termasuk buah impor. Kalau kita rajin mengonsumsi, maka imunitas menjadi meningkat dan lebih terhindar dari risiko penyakit,” ujar perempuan yang akrab disapa Dokter Fias pada temu media di Jakarta, Kamis (13/7/2017).

Salah satu mitos yang kemudian berkembang di masyarakat yakni adanya anggapan bahwa bila terlalu sering mengkonsumsi jambu biji akan memicu masalah usus buntu.

“Penyakit usus buntu itu bukan disebabkan karena mengonsumsi jambu biji. Nggak ada hubungannya. Jadi jangan takut mengonsumsi jambu biji, itu banyak sekali manfaatnya,” tambahnya.

Dokter Fias lantas menyarankan agar mengkonsumsi buah di setiap jam makan, bisa dilakukan setelah atau sebelum makanan utama.

Untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan, lebih disarankan mengkonsumsi buah sebelum mengkonsumsi makanan utama.

“Tapi kalau mau diet, kita makan dulu saja sayur dan buah sehingga perut sudah ada isinya jadi tidak terlalu lapar sehingga makan tidak berlebihan. Jadi sebenarnya bisa dikonsumsi sesuai kebutuhan,” pungkasnya.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Sekilas Tentang Java Coffee

Sekilas Tentang Java Coffee

Jakarta – Kopi Jawa (Java coffee) merupakan kopi yang berasal dari Pulau Jawa di Indonesia. ...