Home > Gaya Hidup > Antara Kopi Panas dan Es Kopi, Mana Yang Lebih Sehat?

Antara Kopi Panas dan Es Kopi, Mana Yang Lebih Sehat?

Jakarta – Salah satu jenis minuman yang paling digemari oleh masyarakat dari tingkat ekonomi atas hingga bawah adalah kopi. Minuman ini akan terasa nikmat bila ditemani dengan makanan ringan dan sambil ngobrol dengan sesama rekan.

Antara Kopi Panas dan Es Kopi, Mana Yang Lebih Sehat?

Ada dua jenis penyajian kopi yang umumnya ditemui, yakni diseduh dengan air panas, serta diseduh dengan menggunakan tambahan es.

Lantas mana yang lebih sehat di antara keduanya itu?

Dikutip dari laman Health.com, Sabtu (14/10/2017), menurut profesor epidemiologi dan gizi di Harvard T.H. Chan School of Public Health, Frank Hu, MD, PhD, tidak ada yang berubah pada senyawa bioaktif di dalam kopi meski disajikan dalam keadaan panas atau dingin.

“Penambahan es ke dalam kopi tidak mengubah senyawa bioaktif di dalamnya,” kata Frank Hu.

Meski konsentrasi kafein pada kopi panas dan es kopi tidak berbeda, namun efek dari kafein pada es kopi lebih cepat bekerja dibandingkan kopi panas.

“Es kopi bisa membuatmu lebih gelisah, dan bisa mengacaukan tidurmu,” tambah Hu.

Sedangkan menurut pendapat profesor dari Universitas Boston dan penulis ‘Nutrition & You’, Joan Salge Blake, RD, tingkat keasaman es kopi lebih lebih rendah bila dibandingkan dengan kopi panas.

“Ini akan lebih mudah untuk sistem pencernaan. Terutama bagi orang yang memiliki masalah penyakit mag atau lambung yang sensitif,” jelas Blake.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Olahraga Bisa Menghambat Pikun di Usia Muda

Olahraga Bisa Menghambat Pikun di Usia Muda

Jakarta – Seringkali kesibukan membuat kita mengabaikan aktivitas yang paling penting, yaitu olahraga. Terlebih kaum ...