Stuttgart – Setelah diperkenalkan tahun lalu, Mercedes Benz kini secara resmi meluncurkan pikap premium pertamanya yaitu X-Class. Sebagai awalan, Mercedes Benz X-Class akan dipasarkan terlebih dulu di Eropa, kemudian menyusul sejumlah negara lain seperti Australia, Argentina, Brasil, Afrika Selatan, dan masih banyak lagi.

Mercedes Benz X-Class Pure Resmi Dirilis di Eropa

Ada tiga varian yang ditawarkan Mercedes Benz yaitu X-Class Pure, X-Class Progressive, dan X-Class Power. Terlepas dari varian mana yang dipilih, semuanya akan mendapat kisi-kisi grille yang diapit oleh lampu LED, body cladding plastik, lengkungan roda berotot, dan lampu belakang vertikal.

Selain itu, Mercedes Benz juga menyediakan beragam perangkat standar untuk X-Class mulai dari pencahayaan di area kargo, soket 12 volt yang dapat digunakan untuk peralatan listrik seperti kompresor udara, dan gergaji. Pikap ini juga memiliki bumper belakang yang bisa dilepas.

Sedangkan interiornya tidak serupa dengan yang ada di versi konsep, namun Mercedes Benz memasang roda kemudi multifungsi, tiga speaker, dan ventilasi udara berbentuk melingkar. Untuk varian terendah dilengkapi dengan jok kain hitam, sedangkan varian tertinggi mendapat jok kulit sebagai pilihan.

Berbagai pilihan berbeda akan tersedia termasuk dashboard berbalut kulit, woodgrain trim, dan sistem hiburan dengan layar sentuh 8,4 inci.

Diberitakan Carscopps, X-Class akan ditawarkan dengan dua pilihan mesin empat silinder, yaitu X 220 d akan memiliki turbo diesel 2,3 liter yang menghasilkan 163 ps, sedangkan X 250 d akan memiliki diesel biturbo bertenaga 190 ps. Perusahaan juga berencana untuk menawarkan X 200 dengan tenaga 165 ps dan X 350 d dengan mesin V6 yang menghasilkan tenaga maksimal 258 ps dan torsi puncak 550 nm. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)