Home > Travel & Kuliner > Wisata > Keindahan Musim Hujan di Taman Nasional Lencois Maranhenses

Keindahan Musim Hujan di Taman Nasional Lencois Maranhenses

Jakarta – Taman Nasional Lencois Maranhenses Brasil merupakan salah satu tempat wisata petualangan unik di dunia. Pasalnya, saat berada di musim panas di bulan Januari hingga Juni, tempat ini merupakan lautan pasir. Namun ketika musim hujan yang terjadi antara Juli dan September, taman nasional ini berubah menjadi ribuan laguna indah yang sedap dipandang mata.

Keindahan Musim Hujan di Taman NAsional Lencois Maranhenses

Keindahan Musim Taman Nasional Lencois Maranhenses

Taman nasional ini secara umum memiliki luas mencapai 570 mil persegi, yang seluruh bagiannya adalah hamparan pasir putih. Nama “Lencois” sendiri dapat dimaknai dengan bentangan sprei yang putih bersih.

Secara ilmiah, sebenarnya Taman Nasional Lencois bukanlah gurun, hal ini setidaknya diungkap oleh Antonio Cordeiro Feitosa, seorang ahli geografi dari Universitas Federal Maranhao. Seperti dikutip dari laman Weather, Senin (7/8/2017), Antonio menjelaskan, sesungguhnya kawasan yang berlokasi di Lembah Amazon ini punya curah hujan yang lebih besar daripada gurun pada umumnya.

“Gurun dapat diidentifikasi dengan rendahnya curah hujan,” ungkap Antonio.

Intensitas dan volume air hujan yang turun di taman nasional ini menyebabkan munculnya fenomena alam menakjubkan. Air yang berkumpul di lembah antara bukit pasir menciptakan laguna biru dan hijau yang sempurna. Beberapa laguna “temporer” ini memiliki panjang lebih dari 90 meter dengan ke dalam mencapai 3 meter.

Selain itu, traveler yang pernah berkunjung juga mengungkapkan betapa indahnya pemandangan matahari terbenam di tempat ini. Namun menjelang akhir September, musim kering datang, pengunjung menurun, dan laguna satu per satu hilang berubah menjadi padang pasir maha luas sampai musim hujan tahun depan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Meski Hanya Mitos, Bawang Putih ‘Penangkal Vampir’ Ternyata Dianggap Penting di Rumania

Meski Hanya Mitos, Bawang Putih ‘Penangkal Vampir’ Ternyata Dianggap Penting di Rumania

Bucharest – Negara Rumania yang dipercaya sebagai tempat asal makhluk penghisap darah, vampir, ternyata tidak ...