Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Awas, Ini Peringatan Untuk Anda Yang Sering Duduk

Awas, Ini Peringatan Untuk Anda Yang Sering Duduk

Jakarta – Duduk menjadi aktivitas favorit bagi sebagian masyarakat modern saat ini. Namun, kebanyakan duduk ternyata dapat menimbulkan resiko berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh anda.

Awas, Ini Peringatan Untuk Anda Yang Sering Duduk

David Alter seorang peneliti dari University Health Network, Kanada, menyebutkan, orang-orang dengan terlalu banyak duduk setiap hari itu lebih berisiko diabetes, penyakit jantung, kanker, dan usia hidupnya lebih pendek.

Alter dan timnya membandingkan dengan 47 penelitian di jurnal Annals of Internal Medicine sebelumnya yang meneliti hubungan antara duduk dan kematian. Hasilnya, bahwa orang yang duduk dalam waktu lama, sebanyak 24 persen lebih berisiko meninggal dunia akibat masalah kesehatan dibanding mereka yang kurang duduk.

Aviroop Biswas peneliti dari Universitas Toronto menambahkan, duduk lebih dari 8 jam per hari akan menimbulkan efek negatif untuk kesehatan.

Terlalu lama duduk juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 18 persen, meningkatkan risiko kematian akibat kanker sebanyak 17 persen dan berisiko terkena diabetes tipe 2.

Cukup disayangkan, meskipun sudah berolahraga sekalipun ternyata tidak dapat menghilangkan risiko penyakit tersebut jika sehari-hari telah terlalu lama duduk. Maka dari itu, kurangi duduk dan perbanyak aktivitas yang menyehatkan. (Rere – harianindo.com)

x

Check Also

Awas, Bahaya Dibalik Tidur Pakai Kipas Angin

Awas, Bahaya Dibalik Tidur Pakai Kipas Angin

Jakarta – Indonesia memang negara tropis, dan sebuah kewajaran jika di negara ini hanya diisi ...