Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Mengerjakan PR Selama 30 Menit Bisa Meningkatkan Stres Pada Anak

Mengerjakan PR Selama 30 Menit Bisa Meningkatkan Stres Pada Anak

Jakarta – Pekerjaan rumah alias PR biasanya diberikan oleh guru agar anak belajar dirumah.Namun tahukah anda? Mengerjakan PR selama 30 menit saja ternyata justru mengakibatkan stress pada anak.

Mengerjakan PR Selama 30 Menit Bisa Meningkatkan Stres Pada Anak

Sebuah studi menyebutkan, anak-anak yang menghabiskan waktu 30 menit atau lebih untuk mengerjakan PRsetiap malam, memiliki tingkat stres yang lebih tinggi.

Asosiasi Pendidikan Nasional di Amerika Serikat menyarankan, sebaiknya anak-anak diberikan PR sesuai dengan jenjang kelasnya. Untuk kelas satu sekolah dasar, sebaiknya hanya 10 menit mengerjakan pekerjaan rumah, anak di kelas dua selama 20 menit dan seterusnya.

Tak hanya mengakibatkan stress, mengerjakan PR terlalu lama juga dapat mengakibatkan anak kurang tidur. Hal itu dibenarkan oleh American Psychological Association dan peneliti dari Stanford University.

Jika demikian, anak yang mengalami stress dan lelah secara fisik akan meningkatkan angka penyalahgunaan obat terlarang, kecelakaan lalu-lintas, depresi bahkan bunuh diri, serta menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Kenali Beberapa Ciri-Ciri Terkena Depresi

Meskipun begitu, hal tersebut dapat dicegah oleh peran dari orang tua anak. Meski tidak dapat mengubah kebijakan sekolah, maka orang tua dapat mengakali dengan membuat jadwal bermain anak setiap hari. Agar anak terhindar dari stress. (Rere – harianindo.com)

x

Check Also

Mengenal Stunting dan Gejala-Gejalanya

Mengenal Stunting dan Gejala-Gejalanya

Jakarta – Stunting merupakan masalah kesehatan dimana seorang anak mengalami hambatan dalam pertumbuhannya sehingga tidak ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135