Home > Gaya Hidup > Begini Tips Hemat Mengelola Belanja Bulanan

Begini Tips Hemat Mengelola Belanja Bulanan

Jakarta – Pengeluaran bulanan untuk keperluan dapur dan rumah tangga merupakan pengeluaran rutin yang memang harus disiapkan setiap bulannya setelah mendapatkan gaji.

Begini Tips Hemat Mengelola Belanja Bulanan

Namun demikian, banyak di antara kita yang kurang cermat dalam mengelola keuangan sehingga sebelum akhir bulan harus merasa kebingungan karena uang telah habis padahal waktu gajian masih beberapa hari lagi.

Lantas bagaimana cara tepat untuk mengontrol pengeluaran bulanan sehingga bisa lebih hemat?

1. Buatlah Daftar Belanjaan Prioritas
Mulailah untuk membuat daftar belanja barang yang memang menjadi prioritas dan benar-benar dibutuhkan. Cara ini akan menghindarkan Anda untuk membelanjakan uang bagi sesuatu di luar kebutuhan Anda. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan.
Jangan lupa untuk menuliskan rincian biaya dari tiap komponen yang diprioritaskan tersebut dan harus ada dana untuk komponen pengeluaran tidak terduga.

2. Belilah Barang Dalam Jumlah Banyak
Untuk barang yang dibutuhkan dan bisa tahan lebih lama sebaiknya belilah dalam jumlah yang banyak. Selain lebih efektif, cara ini bila dihitung lebih cermat akan lebih hemat bila hanya membeli dalam jumlah sedikit, apalagi bila barang tersebut juga didiskon.

3. Memilih Tempat Belanja Yang Tepat
Jadikan faktor harga sebagai pertimbangan utama memilih tempat belanja bulanan. Jangan tergoda membeli barang di tempat yang ‘nyaman’ namum dengan selisih harga yang lebih mahal.

4. Manfaatkan Diskon
Pemilihan waktu belanja juga menjadi pertimbangan dalam menghemat biaya bulanan. Setiap toko atau supermarket biasanya memberikan diskon besar-besaran di waktu-waktu tertentu.

5.Manfaatkan Kartu Kredit
Jangan ‘alergi’ menggunakan kartu kredit, karena bila Anda bisa menggunakannya dengan cara yang tepat maka kartu kredit justru akan menguntungkan Anda. Beberapa kartu kredit biasanya mempunyai kerjasama dengan sejumlah supermarket atau pusat perbelanjaan dengan cara memberikan potongan harga. Yang harus Anda perhatikan yakni aturlah keuangan Anda agar tidak sampai menunggak membayar kartu kredit.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Jangan Panik, Video Cara Mengatasi Tabung Gas Elpiji Yang Bocor

Jangan Panik, Video Cara Mengatasi Tabung Gas Elpiji Yang Bocor

Jakarta – Salah satu pemicu kebakaran paling terkemuka di Indonesia ialah kebocoran selang tabung gas ...