Home > Ragam Berita > Nasional > Pasca Gempa, Warga di Pesisir Selatan Cilacap Mengungsi ke Sejumlah Lokasi

Pasca Gempa, Warga di Pesisir Selatan Cilacap Mengungsi ke Sejumlah Lokasi

Purwokerto – Warga yang bermukim di pesisir selatan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mengungsi ke sejumlah lokasi yang jauh dari pantai pasca gempa bumi berkekuatan 6,9 skala Richter yang berpotensi Tsunami.

Pasca Gempa, Warga di Pesisir Selatan Cilacap Mengungsi ke Sejumlah Lokasi

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Tri Komara Sidhy mengakui jika banyak warga mengungsi ke sejumlah lokasi yang dinilai aman.

“Mereka melakukan evakuasi mandiri ke tempat yang aman. Berdasarkan informasi dari BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) gempa tersebut berpotensi tsunami di wilayah Jawa Barat, sedangkan Cilacap waspada,” katanya.

Menurut dia, pihaknya saat sekarang masih memantau perkembangan termasuk mengecek kondisi pantai karena dikabarkan sempat surut saat terjadi gempa.

Saat dihubungi secara terpisah, Ketua Kelompok Nelayan Pandanarang, Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Tarmuji mengakui jika mayoritas warga di sekitar Teluk Penyu mengungsi ke sejumlah lokasi.

“Sebagian besar warga mengungsi. Saya bersama beberapa nelayan saat ini (pukul 00.30 WIB, red.) sedang memantau kondisi pantai, airnya terlihat normal, tidak surut,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Cilacap Ajun Komisaris Besar Polisi Djoko Julianto mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik.

“Jangan sampai nanti kepanikan ini akan dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Jusuf Kalla Nilai Kinerja Kabinet Terganggu dengan Aktivitas Menteri yang Nyaleg

Jusuf Kalla Nilai Kinerja Kabinet Terganggu dengan Aktivitas Menteri yang Nyaleg

Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, menteri-menteri yang maju sebagai calon anggota legislatif ...