Home > Gaya Hidup > Hati-Hati, Penyakit Seksual Ini Bisa Menyebar Melalui Seks Oral

Hati-Hati, Penyakit Seksual Ini Bisa Menyebar Melalui Seks Oral

Jakarta – Banyak orang yang tidak memahami bahwa sejumlah penyakit menular seksual juga dapat menyebar melalui seks oral.

Hati-Hati, Penyakit Seksual Ini Bisa Menyebar Melalui Seks Oral

Dalam catatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setiap harinya terdapat sekitar 1 juta kasus penularan infeksi seksual. Salah satunya disebarkan melalui oral.

Berikut tiga penyakit menular seksual yang dapat disebarkan melalui seks oral:

1. Herpes
Herpes merupakan virus yang ditularkan melalui kontak vagina, oral, atau anal. Gejala utamanya muncul luka pada atau di sekitar alat kelamin yang kemudian bisa menyebar ke wilayah paha atau bokong.

Penyakit ini tidak dapat disembuhkan namun obat dari dokter dapat mengatasi gejalanya.

2. Sipilis
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang disebarkan melalui oral, penis, anal, atau kontak kulit. Penyakit ini dapat diobati, namun bila terlambat mengobatinya dapat menyebabkan kegagalan organ, demensia, dan masalah kesehatan serius lainnya.

Biasanya mereka yang terkena sipilis, gejala awalnya akan mengalami luka pada alat kelamin atau di sekitar mulut berupa luka kecil dan melepuh.

Bila tidak diobati akan menimbulkan masalah serius di banyak organ tubuh seperti jantung dan otak.

3. Gonorea
Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyebar melalui vagina, penis, anus, atau mulut seseorang yang terinfeksi. Gejala awalnya penderita mengalami keputihan, gatal atau rasa seperti terbakar saat buang air kecil.

Bila sakit berlanjut akan keluar cairan berwarna putih, hijau, atau kuning dari penis, atau pada wanita terjadi pendarahan meski ia tidak sedang menstruasi.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Wow, Ternyata Tangan Bisa Jelaskan Kondisi Kesehatan

Cara Mudah Mendeteksi Penyakit Dengan Melihat Kondisi Tangan

Jakarta – Mengetahui adanya penyakit sejak dini akan mempermudah seseorang untuk mengobati penyakitnya, dibandingkan bila ...