Home > Gaya Hidup > Tips > Awas, Hindari Beberapa Hal Ini saat Wajah Jerawatan

Awas, Hindari Beberapa Hal Ini saat Wajah Jerawatan

Jakarta – Saat jerawat muncul di wajah, duh pastinya langsung bete dan bad mood banget ya. Selain mengganggu penampilan, jerawat pun bikin kulit jadi terasa sakit dan perih. Kalau sudah begini, rasanya kita mau melakukan apa saja agar jerawat segera lenyap.

Awas, Hindari Beberapa Hal Ini saat Wajah Jerawatan

Tapi tahukah kalau ada hal-hal yang sebaiknya tak dilakukan saat wajah jerawatan? Seperti tujuh hal berikut ini. Sebisa mungkin kamu tak melakukan hal-hal ini bila ingin jerawat cepat sembuh.

1. Scrubbing berlebihan
Memang scrubbing perlu dilakukan secara rutin untuk mengangkat sel-sel mati. Tapi kalau wajahmu jerawatan, sebaiknya lebih hati-hati lagi saat melakukannya. Soalnya kalau wajah yang berjerawat digosok terlalu keras, efeknya jerawat bisa makin parah. Untuk amannya, pilih sabun pencuci wajah yang lembut dan khusus untuk jerawat.

2. Membiarkan kulit wajah tanpa pelembap
Sekalipun berjerawat, kulit tetap perlu diberi pelembap. Kenapa? Agar kulit bisa tetap terhidrasi dengan baik dan kelembapannya terjaga. Pilih jenis pelembap yang cocok untuk jenis kulitmu untuk menjaga kesehatan dan kecantikannya.

3. Stres
Meski sulit, sebisa mungkin hindari stres saat mukamu jerawatan. Kalau kamu stres, efeknya bisa buruk untuk kulitmu. Semakin tinggi stres yang kamu rasa, semakin lama waktu yang dibutuhkan agar jerawat cepat sembuh.

4. Memencet jerawat
Jerawat baru nongol langsung dipencet? Wah, jangan sampai kamu melakukan itu ya. Karena dampaknya nanti malah bisa menyebabkan iritasi dan jerawat jadi tambah parah.

5. Bolak-balik membasuh wajah
Membersihkan wajah secara berkala memang perlu. Tapi jangan sampai berlebihan bolak-balik membasuh wajah, ya. Kalau wajah terlalu sering dibasuh nantinya akan membuat kulit jadi memproduksi lebih banyak minyak sehingga bisa menyebabkan jerawat. Jadi memang nggak perlu keseringan membasuh wajah saat sedang jerawatan.

6. Memakai kacamata kotor
Selalu bersihkan dulu kacamata sebelum dipakai. Memakai kacamata kotor hanya akan memperparah jerawatmu.

7. Tidur tanpa membersihkan sisa makeup dari wajah
Sesibuk apapun kamu, selalu bersihkan dulu wajah dari sisa makeup sebelum tidur. Sisa makeup yang dibiarkan terlalu lama di wajah hanya akan memicu iritasi dan inflamasi kulit.
(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Tip Tampil Menarik dengan Paduan Rok Mini dan Sepatu Trendi

Inilah Tip Tampil Menarik dengan Paduan Rok Mini dan Sepatu Trendi

Jakarta – Apakah Anda penggemar rokmini? Jika iya, maka pembahasan berikut ini wajib untuk Anda ...