Home > Gaya Hidup > Tips > Inilah Beberapa Tanda-Tanda Terserang Osteoporosis

Inilah Beberapa Tanda-Tanda Terserang Osteoporosis

Jakarta – Sebagian orang mungkin menganggap osteoporosis (tulang keropos) sebagai masalah mereka para manula saja. Kendati masalah pada tulang seperti tulang pinggang, belakang dan lengan bagian bawah inikerap terjadi pada mereka yang berusia 65 tahun ke atas, namun yang mendasarinya terjadi lebih awal dari yang dikira.

Inilah Beberapa Tanda-Tanda Terserang Osteoporosis

Osteoporosis

Dengan kata lain, untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan dengan tulang, semuanya harus dimulai jauh-jauh hari, bukan di saat semuanya sudah terlambat.

Perlu diketahui, jika dalam keluarga Anda, baik ibu atau nenek memiliki masalah dengan osteoporosis, maka ada kemungkinan hal itu juga akan terjadi pada Anda.

Sebab itu, penting untuk mendeteksinya sejak dini, diikuti dengan upaya pencegahan. Berikut yang perlu Anda ketahui sebagaimana diberitakan Prevention.com pada Selasa (24/4/2018):

1. Kuku Anda mudah patah
Kuku patah bukanlah hal yang abnormal. Namun ketika terjadi terlalu sering, itu dapat menandakan tulang yang sama rapuhnya. Beberapa studi menyebutkan bahwa pada orang yang memiliki kadar kolagen (protein penguat) pada bagian kuku juga menandakan kurangnya kolagen pada tulang. Sementara pada kuku yang lemah menandakan bahwa mereka kekurangan kalsium, yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk tulang.

2. Gusi Anda kendur
Tulang rahang Anda berfungsi sebagai penyokong gigi. Dan seperti halnya tulang lainnya, tulang rahang juga dapat melemah. Ketika hal itu terjadi, gusi anda akan mulai melemah dan dapat menyebabkan tanggalnya gigi.

3. Anda kehilangan kemampuan menggenggam
Jika Anda mengalami kesulitan memutar, menekan atau mendorong gagang pintu, tulang Anda adalah penyebabnya.

4. Jantung Anda berdebar-debar
Pada keadaan normal, detak jantung orang di saat tidak melakukan kegiatan apa-apa adalah (resting heart rate) sekitar 60 hingga 100 kali per menitnya. Namun pada jantung yang berdetak 80 kali per menit disaat tidak melakukan apa-apa, berpotensi terkena gangguan pada pinggul, panggul dan tulang belakang.
(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ingin Cerahkan Wajah dengan Waktu Singkat? Ikuti Beberapa Tip Ini

Ingin Cerahkan Wajah dengan Waktu Singkat? Ikuti Beberapa Tip Ini

Jakarta – wajah cerah memang idaman setiap perempuan. Maka tidak heran jika banyak produk pencerah ...