Home > Ragam Berita > Nasional > Kapitra Minta Aparat Tegas Menindak Pihak Yang Halangi Ustad Abdul Somad Berdakwah

Kapitra Minta Aparat Tegas Menindak Pihak Yang Halangi Ustad Abdul Somad Berdakwah

Jakarta – Menjadi kuasa hukum Ustaz Abdul Somad (UAS), Pengacara Kapitra Ampera melontarkan peringatan terkait munculnya upaya dalam melarang dai asal Riau tersebut untuk berceramah di berbagai daerah. Yang terbaru adalah upaya menghalangi ceramah Ustaz Somad di Jawa Tengah (Jateng).

Kapitra Minta Aparat Tegas Menindak Pihak Yang Halangi Ustad Abdul Somad Berdakwah

Sebelumnya, sebuah ormas yang bernama Patriot Garuda Nusantara (PGN) pimpinan KH Nuril Arifin alias Gus Nuril membuat sebuah petisi ke Polda Jateng agar tidak memberikan izin kepada Ustaz Somad untuk memberikan ceramah di wilayah provinsi yang beribu kota di Semarang tersebut.

Menurut Kapitra, Ustaz Somad sebagai warga negara Indonesia yang berprofesi sebagai dosen dan pendakwah memiliki hak yang dilindungi oleh UUD 1945 dan perundang-undangan lainnya.

“Tidak satu pun yang boleh menghambat dakwah UAS di mana pun di republik ini, termasuk Gus Nuril,” ujar Kapitra dalam pesan tertulisnya, Kamis (26/7/2018).

Bakal calon anggota legislatif (bacaleg) PDI Perjuangan tersebut menyebut jika Ustaz Somad terus dihalang-halangi maka harus ada perlawanan secara sistematis dan terstruktur sesuai hukum dan aturan yang ada. Menurutnya, harus ada pembelaan bagi pendakwah asal Riau itu.

Kapitra melanjutkan, Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau akan pasang badan bagi Ustaz Somad. Apabila sampai terjadi serangan fisik terhadap Ustaz Somad, lanjut Kapitra, maka LAM Riau bakal turun tangan.

“Saya minta aparat kepolisian untuk menjaga dan melindungi hak-hak dasar UAS sebagai manusia sebagaimana diatur UUD 45 dan Undang-undang Kepolisian Nomor 2 tahun 2002, serta melakukan penangkapan dan penahanan kepada orang-orang yang mencoba menghalangi, menyerang serta mempersekusi dan membubarkan tempat UAS berdakwah,” pungkasnya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Warga Sebut Tidak Banyak Yang Hampiri Fadli Zon Saat ke Tambak Lorok

Warga Sebut Tidak Banyak Yang Hampiri Fadli Zon Saat ke Tambak Lorok

Semarang – Wakil Ketua Umum Gerindra, Fadli Zon, mengunjungi kampung nelayan Tambak Lorok, Semarang, Jawa ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135