Jakarta – Tasikmlaya, Jawa Barat, dan sekitarnya diguncang gempa berkekuatan 4,8 Skala Richter (SR) pada Senin (7/1/2019) malam. BMKG pun meminta masyarakat tidak panik karena gempa bumi itu.

Tasikmalaya Digetarkan Gempa Berkekuatan 4,8 SR

BMKG menjelaskan, gempa terjadi di 8,15 Lintang Selatan (LS) dan 107,88 Bujur Timur (BT). Pusatnya pun berada di laut 62 km Barat Darat Kabupaten Tasikmalaya. Kedalamannya mencapai 21 kilometer.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Joko Siswanto menjelaskan, pihaknya telah melakukan analisa pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG. Berdasar laporan masyarakat, gempa terasa di daerah Sukabumi, Pangandaran, Garut, dan Tasikmalaya.

“Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan,” kata Joko pada Senin (7/1/2019).

Baca juga: Rancang Perda Anti-LGBT, Pemkot Depok Gandeng Sejumlah Perguruan Tinggi

Menurutnya, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa dangkal akibat subduksi di wilayah Selatan Jawa.

“Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempa bumi susulan. Untuk itu kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG,” pungkasnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)