Jakarta – Permintaan untuk menceritakan tentang diri sendiri saat dalam wawancara kerja adalah salah satu yang bisa membuat gugup. Seorang ahli kepemimpinan memberikan tips serta trik untuk mengatasinya, yakni dengan melakukan ‘tes pertemanan.

Tips dan Trik Mendeskripsikan Diri Saat Wawancara Kerja

Ilustrasi

Penulis buku Leaders Eat Last, Simon Sinek, memberikan solusi untuk bisa menjawab pertanyaan yang sering membuat seseorang bingung tersebut. Pada Bussines Insider, dirinya menjelaskan bagaimana ‘tes pertemanan’ dapat membantu menemukan alasan pertanyaan tersebut dilontarkan, dan bagaimana Anda “menjual diri” Anda pada saat wawancara kerja dengan baik.

Berikut cara melakukan tes tersebut, yang pertama, pilihlah teman yang Anda senangi dan sebaliknya. Hindari memilih anggota keluarga atau pasangan resmi. Kemudian tanyakan,”Mengapa kita berteman?”

Menurut Sinek, lawan bicara kita akan merasa aneh pada awalnya. Hal itu dikarenakan Anda menanyakan suatu hal yang sulit diungkapkan melalui kata-kata. Cobalah ganti pertanyaan dengan, “Hal apakah yang membuat saya yakin bahwa Anda akan selalu berada di sisi saya apa pun yang terjadi?”

Kemudian, kemungkinan teman Anda akan mulai mendeskripsikan kualitas diri Anda seperti “Anda orang yang menyenangkan atau setia.” Dengan demikian, Anda memaksa mereka mendeskripsikan diri Anda secara spesifik.

“Pada akhirnya, mereka akan lelah dan berhenti mendeskripsikan diri Anda, dan mereka akan mulai mendeskripsikan tentang diri mereka, bagaimana Anda di mata mereka dan seberapa berharga Anda bagi mereka.”

Salah satu pengalaman Sinek adalah ketika temannya mengungkapkan, “Saya dapat duduk dalam sebuah ruangan dengan Anda dan merasa terinspirasi, saya bahkan tak perlu berbicara dengan Anda.”

Idealnya, Anda melakukan tes tersebut dengan beberapa orang sehingga Anda bisa menyatukan semua respons mereka dalam satu jawaban. (Tita Yanuantari – harianindo.com)