Spesifikasi & Harga VGA Terbaru dari Nvidia, GeForce GTX Titan ZCalifornia – Dalam ajang tahunan GPU Technology Conference yang diadakan di San jose, California, Amerika Serikat, Nvidia memperkenalkan produk terbarunya, yakni sebuah kartu grafis atau VGA yang mempu memberikan performa superkomputer ke dalam desktop anda. Seperti dilansir dari Gamespot (Selasa, 25/3/2014), produk tersebut adalah GeForce GTX Titan Z. Produk VGA tersebut akan dilepas ke pasaran dengan harga $3000, atau senilai dengan kurang lebih Rp 36 juta. Sebuah harga yang cukup “wah”.

GeForce GTX Titan Z dibangun dengan dua GPU Kepler dan memori frame buffer khusus sebesar 12GB. Kartu grafis ini memiliki fitur dua chip GK110, dan ditenagai oleh total 5.760 processing core, atau 2.880 core per GPU nya. VGA ini juga dibuat untuk 5K dan permainan game multi layar.

CEO Nvidia, Jen-Hsun Huang mengatakan lewat blog Nvidia, bahwa jika anda sedang sangat membutuhkan sebuah superkomputer yang cukup untuk diletakkan di bawah meja kerja anda, maka Nvidia memiliki kartu grafis yang cocok untuk anda. Nvidia mengatakan bahwa GeForce GTX Titan Z berbeda dengan dual-GPU card yang lain. Hal tersebut dikarenakan GPU dari produk ini telah di-setting sedemikian rupa sehingga mampu berjalan dengan clock speed yang sama, dan memiliki fitur “dynamic power balancing”. Artinya, sebagaimana dijelaskan Nvidia, masing-masing GPU tadi tidak akan mengalami hambatan dalam kinerjanya.

Nvidia juga mengklaim bahwa semua performa tinggi tersebut dihasilkan dari sebuah akrtu grafis yang dingin dan tenang/senyap, bukannya dihasilkan dari produk yang panas dan berisik. Pemilihan komponen dan setting saluran plat dasar mampu meminimalisasi getaran dan meningkatkan kualitas akustik. (Rani Soraya – www.harianindo.com)