Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Mahasiswa UNU Lampung Mengolah Ikan Lele Menjadi Cendol

Mahasiswa UNU Lampung Mengolah Ikan Lele Menjadi Cendol

Lampung Timur – Cendol memang merupakan jenis minuman yang digemari oleh masyarakat. Kali ini, salah seorang mahasiswa membuat cendol dengan menggunakan bahan yang tak lazim. Muhamad Rohman, mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung menggunakan ikan lele menjadi bahan pembuatan cendol.

Mahasiswa UNU Lampung Mengolah Ikan Lele Menjadi Cendol

“Banyak yang tidak suka ikan lele dalam bentuk aslinya, sehingga saya mencoba mengolah ikan lele ini menjadi cendol lele dan saya jual sendiri,” tutur Muhamad Rohman, saat ditemui di sela waktunya berjualan cendol lele di sekitaran Lapangan Merdeka depan kantor Kecamatan Way Jepara, Lampung Timur, baru-baru ini.

Rohman menjelaskan, cendol lele buatannya itu terinspirasi dari dawet ayu lele buatan Fedwi Anggi Indrayani, penemu cendol lele yang merupakan alumni Institut Pertanian Bogor (IPB).

Proses pembuatan cukup mudah pembuatan cendol lele buatannya itu, dari bahan baku ikan lele segar yang sudah dibersihkan. Kemudian ikan lele yang telah dibersihkan itu dikukus selama 15 menit, dagingnya dipisahkan dari duri dan kulit, lalu daging lele dicampur daun pandan sebagai penghilang bau amis dan dicampur tepung beras serta sagu, proses selanjutnya adalah dimasak sampai matang. Setelah itu, baru pencetakannya menjadi butir-butir cendol.

Baca juga: Resep Nugget Tahu Sutera Unik nan Lezat

Setiap Senin hingga Jumat siang, Rohman menjajakan cendol lele buatannya di sekitar Lapangan Merdeka, Kecamatan Way Jepara.

Terkadang dia juga menjajakannya di sekitaran Lapangan Merdeka, Kecamatan Bandar Sribhawono. Satu gelas cendol lele dijualnya Rp5 ribu. Setiap berjualan, dia mengaku bisa mendapat keuntungan bersih Rp50 ribu. (Rere – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Resep : Cara Membuat Cake Gula Palem Yang Memiliki Rasa Yang Khas

Resep : Cara Membuat Cake Gula Palem Yang Memiliki Rasa Yang Khas

Jakarta – Gula palem memang memiliki rasa yang khas. Jika dicampurkan kedalam masakan yang akan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis