Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: AS Kirim Bantuan untuk Pasukan Kurdi Suriah

Berita ISIS Terkini: AS Kirim Bantuan untuk Pasukan Kurdi Suriah

Berita ISIS Terkini: AS Kirim Bantuan untuk Pasukan Kurdi SuriahKobani – US Airforce (Angkatan Udara Amerika Serikat) dilaporkan mengirimkan bantuan kepada pasukan Kurdi Suriah di Kota Kobani. Bantuan tersebut berbentuk senjata, amunisi, dan perlengkapan medis. Pengiriman bantuan ini ditujukan untuk memperkuat posisi pasukan militer Kurdi dalam usahanya mempertahankan Kobani dari serbuan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Dilansir dari BBC (Senin, 20/10/2014), Pusat Komando Militer AS melaporkan bahwa pesawat jenis C-130 milik mereka mengangkut bantuan tersebut lalu menerjunkannya di wilayah-wilayah Kobani yang masih dikuasai oleh pasukan militer Kurdi. Pesawat C-130 tersebut pun telah kembali ke pangkalan militer.

Sebelumnya AS memang telah berperan dalam bentuk serangan-serangan udara ke arah basis-basis ISIS di Kobani. Serangan AS tersebut cukup telak, menyebabkan kerugian cukup besar bagi ISIS, dan telah mendesak keluar ISIS dari beberapa wilayah di Kobani. Pun demikian, pergerakan ISIS yang kadang sulit diduga masih mejadi perhatian khusus bagi pasukan Kurdi dan negara-negara koalisi anti-ISIS, sehingga pertahanan pun masih perlu diperkuat.

Baca juga
Berita ISIS Terkini: Anggota ISIS Mulai Latihan Terbangkan Pesawat Jempur
Berita ISIS Terkini: Tertangkap, Seorang Anggota ISIS Minta Dieksekusi

Kota Kobani, yang berada di perbatasan Suriah-Turki, telah menjadi medan tempur terbesar sejak ISIS mulai melakukan pergerakan di wilayah Suriah. Serangan udara yang telah dilancarkan oleh AS dan koalisinya pun telah mencapai 135 kali. Namun tampaknya kegigihan ISIS untuk terus maju masih belum surut. Alhasil, Kobani pun menjadi seperti kota mati yang ditinggalkan penduduknya.

Adapun, bantuan AS lainnya untuk pasukan militer Kurdi datang dalam bentuk pelatihan tempur. Hasilnya cukup memuaskan, serangan darat pasukan Kurdi untuk membebaskan Kobani sedikit demi sedikit telah menunjukkan hasil positif. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Baru Diangkat Jadi Komisaris Angkasa Pura I, Segini Gaji Ali Mochtar Ngabalin

Baru Diangkat Jadi Komisaris Angkasa Pura I, Segini Gaji Ali Mochtar Ngabalin

Jakarta – Belum lama menjabat sebagai Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV bidang Komunikasi Politik dan ...