Home > Ragam Berita > Nasional > Pembuat Patung Suro dan Boyo di Depan Kebun Binatang Surabaya Meninggal Dunia

Pembuat Patung Suro dan Boyo di Depan Kebun Binatang Surabaya Meninggal Dunia

Surabaya – Bagi Anda yang pernah berkunjung ke Kota Sutrabaya dan pernah mampir ke Kebun Binatang Surabaya (KBS), pasti melihat atau bahkan menyempatkan diri berfoto di depan patung Suro dan Boyo yang berada persis di depan KBS.

Pembuat Patung Suro dan Boyo di Depan Kebun Binatang Meninggal Dunia

Namun tahukah Anda siapa seniman yang telah berjasa membuat patung ikon Kota Surabaya yang diresmikan oleh Wali Kota Surabaya pada waktu itu, H. Poernomo Kasidi, 3 Juni 1988?

Seniman itu bernama Sigit Margono.

Pada Selasa (12/7/2016) sore WIB, Sigit Margono meninggal dunia di Malang dan sempat disemayamkan di rumah duka di Jalan Gajayana, Malang, sebelum kemudian jenazah dibawa ke Tuban untuk dimakamkan di pemakaman Citrosoma Bejagung yang terletak di Jalan Hayam Wuruk, Tuban, pada Rabu (13/7/2016).

Pembuat Patung Suro dan Boyo di Depan Kebun Binatang Meninggal Dunia

”Telah meninggal dunia seniman pembuat patung Suroboyo, ikon kota Surabaya yang berada di depan kebun binatang (Surabaya),” begitu kabar dari Henri Nurcahyo, budayawan Surabaya.

Dosen Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya ini telah beberapa tahun berjuang melawan penyakitnya, diabetes dan stroke.

”Sebelumnya beliau sudah stroke 2,5 tahun,” terang Anti, salah satu anggota keluarganya.

Selain membuat patung Suro dan Boyo di depan KBS, pria kelahiran Bojonegoro 29 Oktober 1944 ini juga membuat relief yang sekarang dapat dilihat di dinding KBS.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Ada Percikan Api di Suramadu, Pengendara Roda 2 Balik Arah

Ada Percikan Api di Suramadu, Pengendara Roda 2 Balik Arah

Surabaya – Jalan tol Suramadu jalur roda 2 Surabaya Madura terbakar pada hari sabtu (23/09/2017) ...