Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Tips Agar Ikan Bakar Tidak Lengket

Tips Agar Ikan Bakar Tidak Lengket

Jakarta – Malam Tahun Baru biasanya identik dengan pesta BBQ, dengan bahan ikan, ayam atau daging.

Khusus bagi Anda yang ingin melakukan pesta BBQ dengan bahan ikan, perlu diperhatikan beberapa hal agar ikan yang dibakar tidak lengket.

Tips Agar Ikan Bakar Tidak Lengket

1. Pilih Jenis Ikan
Ikan yang cocok untuk dibakar yaitu ikan yang mempunyai daging yang tebal seperti ikan salmon, baronang, bawal, atau kakap. Hindari memilih ikan dengan daging yang tipis karena akan mudah hancur bila dibakar. Pilih juga ikan yang masih segar agar rasanya manis.

2. Marinasi Ikan dengan Bumbu
Marinasi ikan dengan bumbu selama 15-20 dalam kulkas. Bumbu yang diberikan bisa berupa bumbu dasar dari campuran jeruk nipis dan garam, atau berupa bumbu kuning yang terdiri dari bawang putih, kunyit, kemiri, merica, dan garam yang dihaluskan. Yang lebih suka dengan bumbu kecap bisa diberikan campuran cabai, bawang putih parut, dan kecap manis.

3. Potong Ikan dengan Cara yang Benar
Bila Anda memilih ikan fillet, potong ikan dengan ketebalan yang sama agar ikan matang merata. Tapi bila memilih ikan segar, lebih baik jangan buang kulit ikan karena kulit ikan menjaga daging tetap utuh saat dipanggang. Bahkan beberapa jenis ikan seperti mackerel justru lebih enak bila dimakan beserta kuilitnya yang terasa renyah setelah dipanggang.

Biasanya setiap ketebalan daging ikan 2,5 cm membutuhkan waktu 8 menit hingga ikan matang saat dipanggang, dengan setiap sisi ikan membutukan 3-5 menit.

4. Minyaki Ikan dan Panggangan
Salah satu tips untuk menghindari ikan lengket saat dipanggang yakni mengolesi ikan dengan sedikit minyak, demikan juga dengan pemanggangnya.

5. Panaskan Pemanggang
Panaskan alat pemanggang terlebih dahulu selama 30 menit sebelum ditaruh ikan di atasnya. Bila pemanggang belum terlalu panas maka kemungkinan besar ikan akan lengket.

6. Jangan Terlalu Cepat Membalik Ikan
Diamkan ikan sekitar 5 menit di atas panggangan sebelum kemudian dibalik. Jangan membaliknya terlalu cepat untuk menghindari ikan lengket dan rusak.

7. Gunakan Alat Bantu
Gunakan alat penjepit untuk memudahkan membalik ikan. Atau bila Anda menggunakan daging ikan fillet, gunakan tusukan dari bahan logam karena dapat menghantarkan panas dengan lebih baik.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Jembatan Kaca di China Tiba-Tiba Retak Saat Diinjak Wisatawan

Jembatan Kaca di China Tiba-Tiba Retak Saat Diinjak Wisatawan

Hebei – Sebuah jembatan kaca yang dipasang di ketinggian bukit tiba-tiba retak dan mengeluarkan suara ...