Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 3 Fakta Unik Buang Air Besar yang Tidak Semua Orang Tahu

3 Fakta Unik Buang Air Besar yang Tidak Semua Orang Tahu

Jakarta – Rutinitas setiap insan salah satunya adalah buang air besar. Beberapa orang memiliki hal unik tentang aktivitas ini. Seperti ada yang harus setiap hari melakukannya, jika tidak makan perut akan merasa penuh. Ada juga yang merasa baik-baik saja hanya melakukannya dua sampai tiga hari sekali.

3 Fakta Unik Buang Air Besar yang Tidak Semua Orang Tahu

Buang Air Besar

Berikut adalah beberapa informasi seputar buang air besar telah dirangkum seperti dilansir dari metrotvnews.com, Rabu (29/3/2017):

1. Tidak ada aturan untuk melakukan “itu” setiap hari

Ternyata, yang benar soal buang air besar itu tidak harus sekali atau dua kali sehari. Felice Schnoll-Sussman, M.D., direktur dari the Jay Monahan Center for Gastrointestinal Health di New York-Presbyterian and Weill Cornell Medicine mengatakan, “Jika Anda tidak buang air besar dalam sehari, dua, atau tiga hari, sebenarnya tidak apa-apa, selama Anda merasa baik-baik saja,” tukas Sussman.

“Baik-baik saja dalam artian perut Anda tidak sakit, tidak nyeri, BAB dengan lancar, dan Anda tidak perlu khawatir,” terang Sussman.

2. Langsung BAB setelah makan tidak selalu buruk

Jika Anda merasa setelah Anda makan lalu tidak bisa berjauhan dengan kamar mandi, ini karena Anda memiliki sistem pencernaan yang super-efisien.

“BAB tepat setelah Anda makan, merupakan reflek yang dimiliki bayi, dan untuk beberapa orang reflek ini tidak hilang,” ucap Ganjhu.

Anda tidak perlu khawatir karena ini merupakan hal yang normal, dan masalahnya bukan pada makanan Anda. “Yang perlu Anda khawatirkan jika BAB Anda cair dan berbau yang parah, itu menandakan bahwa Anda tidak menyerap lemak dengan baik,” ucap Ganjhu.

Dan Ganjhu memberikan saran, jika hal tersebut terjadi ada baiknya Anda konsultasikan dengan gastroenterologist.

Baca juga: Inilah Beberapa Khasiat Mengonsumsi Buah Srikaya bagi Kesehatan

3. Kopi memicu BAB

Ganjhu menjelaskan bahwa hal tersebut benar. Mengonsumsi kopi bisa menstimulasi perut Anda. Kafein bisa membuat usus berkontraksi, hal ini mendorong isinya menuju ke arah rektum (organ terakhir dari usus besar). “Jadi, tidak aneh jika Anda merasa akan ke kamar mandi tepat setelah menyeruput kopi di pagi hari,” tukas Ganjhu. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Waspada 7 Gejala Awal Pengidap Diabetes

Waspada 7 Gejala Awal Pengidap Diabetes

Jakarta – Semuanya pasti ingin menjadi sehat selalu. Tetapi ada kalanya penyakit menyerang tanpa diduga. ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis