Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Waspadai Konsumsi Obat Maag Jangka Panjang

Waspadai Konsumsi Obat Maag Jangka Panjang

Jakarta – Tidak seluruh kasus maag dan juga gerd (gastroesophageal reflux disease) memerlukan obat-obatan dalam penanganannya. Banyak kasus maag dan gerd yang dapat disembuhkan ‘hanya’ dengan manajemen stres dan modifikasi gaya hidup termasuk pengaturan pola makan, tanpa perlu obat-obatan.

Waspadai Konsumsi Obat Maag Jangka Panjang

Maag

Seperti dilansir dari Food and Drug Administration (FDA) atau badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat, Rabu (24/5/2017) obat maag yang berfungsi menekan produksi asam lambung tidak boleh digunakan dalam jangka panjang.

Maksimal 15 hari dalam satu periode pengobatan. Dalam setahun, penggunaannya dibatasi maksimal hanya tiga kali.

“Kecuali untuk kasus mag atau gerd yang berdasarkan pemeriksaan endoskopi terbukti ada luka di lambungnya,” okter konsultan gastroenterologi dan hepatologi Siloam Hospitals Kebon jeruk (SHKJ), Jakarta, Hardianto Setiawan Ong, dalam diskusi media yang digelar di rumah sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Pembatasan tersebut terkait dengan efek samping penggunaan obat mag jangka panjang yang memang berbahaya, antara lain menyebabkan osteoporosis dan anemia sebab obat-obatan itu menekan produksi asam lambung. Padahal, asam lambung diperlukan untuk penyerapan mineral termasuk kalsium dan zat besi.

Tak hanya itu, penggunaan obat mag jangka panjang juga berisiko memicu pertumbuhan bakteri merugikan di lambung.

“Bakteri itu bisa tumbuh karena asam lambung yang berfungsi sebagai pembunuh kuman ditekan produksinya. Pertumbuhan bakteri itu memunculkan sejumlah gejala, antara lain rasa kembung sesudah makan karbohidrat seperti nasi dan roti. Kembung itu timbul karena bakteri itu memproduksi gas CO dari karbohidrat,” ungkap Hardianto.

Konsumsi dari obat penekan asam lambung dalam jangka panjang, lanjutnya, juga berisiko membuat lambug rentan terinfeksi dan timbul polip atau benjolan pada dinding lambung yang bisa berkembang menjadi tumor.

Baca juga: 4 Suplemen yang Ampuh Hambat Penuaan

“Jadi, penggunaan obat penekan asam produksi asam lambung harus dilakukan secara hati-hati,” pungkasnya. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Mengenali Gejala Alergi Pada Si Kecil

Mengenali Gejala Alergi Pada Si Kecil

Jakarta – World Allergy Organization menegaskan jika anak lebih berisiko mengalami alergi dibanding orang yang ...