Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Baca Ini, Para Wanita Sebaiknya Hindari Konsumsi Rokok

Baca Ini, Para Wanita Sebaiknya Hindari Konsumsi Rokok

Jakarta – Ternyata kaum perempuan jauh lebih rentan daripada pria jika membahas masalah bahaya kesehatan. Hal tersebut bisa dimengerti karena secara alami, fisik perempuan dan laki-laki berbeda.

Baca Ini, Para Wanita Sebaiknya Hindari Konsumsi Rokok

Ilustrasi

Terlebih lagi dalam urusan merokok. Perempuan pun juga lebih rentan dan harus mendapat perhatian medis yang lebih ketimbang para pria. Simak berikut ini beberapa bahaya rokok bagi perempuan, seperti yang dilansir laman Fox News:

1. Kehamilan

Merokok diketahui menyebabkan komplikasi kehamilan utama, termasuk berat bayi yang lahir rendah, persalinan prematur, keguguran dan sindrom kematian bayi mendadak. Jika wanita merokok selama kehamilan, maka bayi mungkin akan mengalami masalah paru-paru.

Pada saat bersamaan, wanita yang merokok memiliki kesulitan untuk hamil.  Studi menunjukkan bahwa perokok memiliki 60 persen peningkatan risiko infertilitas dan perokok wanita mengalami menopause beberapa tahun lebih awal daripada yang tidak rokok.

2. Penyakit jantung

Wanita juga memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dibandingkan pria, terutama jika mereka merokok. Merokok merusak sel darah di tubuh dan justru menyebabkan penumpukan plak di arteri.

Begitu plak cukup terbentuk, maka hal tersebut akan sangat membatasi aliran darah dan menyebabkan serangan jantung. Selain itu, wanita yang merokok dan menggunakan pil kontrasepsi juga bisa meningkatkan peluang mereka terkena penyakit jantung.

3. Bone loss

Merokok juga terkait dengan mengurangi kepadatan tulang pada wanita. Kebiasaan ini dikombinasikan dengan kecenderungan melakukan diet secara buruk, aktivitas fisik rendah dan konsumsi alkohol yang kesemuanya meningkatkan risiko penipisan tulang.

4. Kanker payudara dan kanker serviks

Sementara merokok meningkatkan risiko semua jenis kanker, wanita lebih berisiko tinggi terkena kanker payudara dan kanker serviks. Dalam kasus kanker serviks, merokok bisa merusak sel-sel serviks yang dibutuhkan wanita untuk melawan infeksi.

Jika mereka tidak bisa melawan infeksi, maka hal ini akan membuka kemungkinan untuk berbagai masalah, termasuk kanker serviks. Bagi penderita kanker payudara, wanita yang merokok berisiko meninggal akibat kanker sebanyak 75 persen.

Baca Juga : Sebaiknya Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur, Ini Sebabnya

Tubuh mereka tidak bisa mengolah bahan kimia dari rokok dan melawan kanker secara efektif. Perokok wanita perlu memahami kenyataan ini. Merokok tidak akan memberi mereka status sosial yang lebih baik, membuat mereka lebih cantik atau memperbaiki kesehatan fisik dan emosional mereka.

Merokok hanya akan menyebabkan masalah kesehatan, depresi dan kecanduan buruk yang akan merugikan nyawa mereka. Sebaliknya, mereka harus menemukan cara yang lebih baik untuk melampiaskan emosi atau memperbaiki status sosial dan berhenti merokok demi kebaikan sendiri.

(bimbim – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Rajin Olahraga Tak Menjamin Anda Terhindar Dari Serangan Jantung

Rajin Olahraga Tak Menjamin Anda Terhindar Dari Serangan Jantung

Jakarta – Stigma masyarakat selama ini yang menganggap bahwa dengan aktif berolahraga agar terhindar dari ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis